Lirik Peluang Status Batas Negara, Bupati TTS Akan Temui Panglima TNI

oleh -1.1K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Letak geografis kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT yang berbatasan langsung dengan negara Australia di wilayah Selatan dan distrik Oecusi-Timor Leste di wilayah Utara kini dilihat pemerintah daerah (Pemda) setempat sebagai suatu potensi pembangunan daerah. Pemda TTS kini melirik peluang untuk mendapatkan program pembangunan infrastruktur daerah dari pemerintah pusat atas status sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan luar negeri tersebut.

Demikian disampaikan bupati TTS, Eppy Tahun kepada fakta-tts.com melalui sambungan telepon, Minggu (6/10/2019) siang.
Ia menyampaikan tahun ini ada sejumlah kabupaten tetangga seperti Belu dan Makaka yang juga berbatasan langsung dengan luar negara mendapat alokasi anggaran program dari pemerintah pusat karena status daerah perbatasan tersebut.
Namun tidak demikian dengan kabupaten TTS sehingga kata bupati Eppy Tahun ada kesan kalau kabupaten TTS tidak diakui sebagai kabupaten di provinsi NTT yang berada di wilayah batas dengan luar negeri. Padahal faktanya wilayah kabupaten TTS berbatasan langsung dengan dua negara.
Disampaikan usai upacara HUT TNI ke-74 di Makodim 1621/TTS, ia telah berdialog dengan Dandim 1621/TTS Letkol CZI Koerniawan Pramulya, tentang hal tersebut. “Saya sudah bicarakan ini dengan pak Dandim kemarin, dan kami akan urus soal ini karena sepertinya TTS tidak diakui sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan luar negeri padahal kita ada di batas dengan luar negeri,”katanya.
Dikatakan pihaknya akan menyiapkan waktu untuk bertemu panglima TNI dan kementerian terkait lainnya untuk membahas soal status tersebut. “Sebelumnya soal status ini tidak diurus sehingga kita tidak dapat program infrastruktur dari pemerintah pusat yang berkaitan dengan status daerah di perbatasan negara ini, saya akan urus ini agar daerah kita bisa dapat intervensi anggaran dari pusat terkait status itu,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *