Baliho Pilkada Yang Terpajang, Kena Pajak Atau Tidak?

oleh -2K views
Baliho Paket Balon Kada Kena Pajak Atau Tidak?

Kota SoE,Fakta TTS-Beberapa bulan terakhir sejumlah titik dalam wilayah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terutama Kota SoE, ibukota kabupaten TTS bertaburan baliho sejumlah kandidat bakal calon (balon) kepala daerah (kada) baik bupati, wakil bupati maupun gubernur dan wakil gubernur.
Dalam rapat koordinasi (rakor) pengawasan pemilu partisipatif Panwaslu TTS dan sejumlah organisasi masyarakat dalam rangka pelaksanaan pemilihan gubermur-wakil gubernur NTT tahun 2018, Pilkada TTS tahun 2018, pemilu DPR,DPD,DPRD serta pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 di hotel Dena SoE, pengenaan retribusi pajak oleh daerah atas pemasangan baliho-baliho tersebut dipertanyakan dalam forum.
Salah seorang peserta mengatakan baliho-baliho tersebut dianggap sebagai alat sosialisasi atau promosi para figur kepada masyarakat yang tujuannya menguntungkan para figur. Dari sisi manfaat tujuan pemasangan baliho tersebut dianggap tidak ada bedanya dengan baliho promosi dari perusahaan-perusahaan yang memperkenalkan produknya kepada masyarakat dalam rangka meraih keuntungan.
“Apakah pemasangan baliho figur atau paket bakal calon kepala daerah ini juga bayar pajak kepada daerah atau tidak karena ini tidak beda juga dengan reklame produk yang dipasang perusahaan yang setahu saya, perusahaan bayar pajak reklame ke daerah. Nah apakah baliho terkait pilkada ini juga bayar pajak ke daerah?,”tanya warga Kota SoE ini yang meminta panwaslu TTS untuk konsultasikan soal itu dengan pemda TTS.
“Kalau memang harus bayar pajak juga ya, kami harapkan dinas terkait untuk tagih ke pemilik baliho-baliho itu karena mereka dapat untung karena tersosialisasi tapi daerah dapat apa?,”katanya.
Menanggapi itu, ketua Panwaslu TTS, Melky Fay mengatakan akan mengkonsultasikan itu dengan pemda TTS.
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) TTS, Aba Anie, yang dikondirmasi mengatakan sejauh ini pihaknya belum bisa menagih pajak terhasap baliho terkait pemilu karena belum ada regulasi khusus yang mengatur soal itu. “baliho untuk kepentingan kampanye tidak dikenakan pajak. Kami masih cari dasar hukumnya,”kata Aba Anie. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *