Johan Tallo, Bangun SPBU di Oebelo, Kapan & Oinlasi Dalam Rencana

oleh -1.8K views
Oebelo,Fakta TTS-Warga kecamatan Amanuban selatan dan sekitarnya kini tak lagi jauh-jauh untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Ini setelah Johan Ch, Tallo, Putera Piet A. Tallo, mantan bupati TTS dan mantan gubernur NTT, membangun satu unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini di desa Oebelo kecamatan Amanuban selatan kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).
Lokasi SPBU ini juga terbilang strategis karena berada di jalur selatan pulau Timor, ruas jalan nasional yang menghubungkan provinsi NTT-Indonesia dan negara Timor Leste.
SPBU bernomor 55.855.05 itu, Kamis (22/11/2018) diresmikan pengoperasiannya oleh Eddy Haryadi, staf ahli menteri ESDM disaksikan Reggy Senjang Paramagarjita, Marketing branch PT Pertamina (Persero) wilayah NTT, Yan Banget, staf ahli Bupati TTS bidang ekonomi dan pembangunan. Hadir pula, camat Amanuban Selatan, kapolsek Amanuban Selatan, kepala desa Oebelo, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat.
Pengresmian SPBU itu ditandai dengan pengguntingan pita dan pengisian BBM gratis bagi masyarakat. SPBU tersebut menyediakan BBM jenis premium, solar, pertalite dan Dexlite dengan harga standar nasional atau sama dengan harga BBM di SPBU lainnya di Indonesia.
Usai peresmian Johan Tallo kepada Fakta TTS mengatakan inisiatif membangun SPBU itu muncul karena melihat kebutuhan BBM masyarakat di wilayah Amanuban selatan dan sekitarnya di selatan TTS yang meningkat sementara SPBU terdekat berjarak sekitar 50 kilometer. Selain itu ada rasa tanggungjawab sosial untuk melayani masyarakat TTS mengingat almarhum bapaknya yang pernah mengabdi membangun masyarakat dengan menjadi bupati TTS.
“Motivasi saya membangun SPBU ini adalah pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Dari sisi peningkatan ekonomi, SPBU ini akan membantu. Selain itu juga karena pertimbangan sosial. Saya ingin meneruskan tanggungjawab pelayanan bapak kepada masyarakat TTS dibilang ekonomi,”kata Johan yang telah punya rencana untuk mendirikan SPBU sejenis di wilayah Kapan-Molo dan Oinlasi wilayah Amanatun.
Eddy Haryadi dari kementerian ESDM dalam  sambutannya menyampaikan SPBU tersebut adalah SPBU ketiga yang akan diresmikan di tahun 2018. Dua lainnya di Satermese Ende. Tahun 2019 mendatang akan ada peresmian tujuh SPBU lainnya di wilayah NTT yakni di Rote, Alor, Sumba dan Flores.
Dikatakan pembangunan SPBU mini tersebut merupakan bagian dari salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dalam mewujudkan program Nawacita yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah.
Kabupaten TTS termasuk dalam daerah tertinggal di Indonesia yang 30 persen dari penduduknya masih dibawah garis kemiskinan. “Adanya SPBU ini kami harapkan dapat mendorong kemajuan sektor transportasi dan pertumbuhan ekonomi makin baik disini,”katanya.
Ia menyampaikan terimakasih kepada Johan Tallo yang telah membantu pemerintah membangun ekonomi masyarakat dengan berinvestasi membangun SPBU.
Sementara Reggy Senjang Paramagarjita, marketing branch PT Pertamina (Persero) wilayah NTT menambahkan SPBU Amanuban Selatan adalah SPBU mini ke-39 yang telah beroperasi tahun ini. Rencananya di tahun 2018 ini ada 67 SPBU yang sama yang akan didirikan Pertamina. Tahun 2019 nanti untuk NTt ada tujuh SPBU mini yang akan dioperasikan di Rote, Alor, Sumba dan Flores.
Staf ahli bupati TTS bidang ekonomi dan pembangunan Yan Banget mengapresiasi upaya  Pertamina dan investor yang telah membangun lagi SPBU di wilayah kabupaten TTS untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat. SPBU Oebelo di Amanuban selatan adalah SPBU keempat  yang ada di kabupaten  dengan 32 kecamatan tersebut yakni SPBU Kesetanan, Oebesa, Oenali dan SPBU Niki-Niki.
Dikatakan Yan Banget dengan adanya SPBU tersebut petani, nelayan dan masyarakat lainnya di wilayah itu akan lebih mudah untuk mendapatkan d BBM untuk melancarkan usaha mereka.
SPBU Oebelo akan beroperasi selama
12 jam setiap hari dari jam 07.00wita sampai pukul19.00 wita.ada 14 orang tenaga kerja lokal yang dipekerjakan dalam operasi pelayanan SPBU tersebut.(jmb)
______________________________
Foto: Pengisian BBM gratis bagi warga dalam peresmian SPBU mini di Oebelo Kecamatan Amanuban Selatan, Kamis (22/11/2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *