PDAM TTS Tunda Pemberlakuan Tarif Air Baru

oleh -1.9K views
Kota SoE, Fakta TTS-Rencana manajemen PDAM Timor Tengah Selatan (TTS) untuk memberlakukan  tarif air bersih yang baru mulai November 2018 ditunda.
Tarif baru yang telah ditetapkan dengan surat keputusan  bupati TTS nomor 343/Kep/HK/2018 tanggal 10 September 2018 itu baru akan diberlakukan Januari 2019 setelah pembenahan layanan.
Apa alasannya?, Kepada wartawan di kantornya, Rabu (21/11/2018) direktur PDAM TTS, Lely Hayer penundaan itu dilakukan karena DPRD menyaranjan untuk PDAM lebih dulu memperbaiki layanan baru menaikan tarif. Saran tersebut disampaikan dalam pembahasan anggaran 2019 ditingkat komisi beberapa hari lalu.
“DPRD setuju tarif dinaikan tapi pelayanan harus diperbaiki dulu. Jadi kita perbaiki dulu pelayanan baru kita berlakukan tarif baru. Rencananya Januari tahun depan (2019) kita terapkan setelah pelayanan kita perbaiki,”kata Lely yang membantah adanya “protes’ publik pasca pengumuman penaikan tarif baru tersebut.
Perbaikan pelayanan akan dilakukan dengan memperbaiki jaringan rusak yang berada disejumlah titik distribusi terutama dalam wilayah Kota SoE.
Untuk memperbaiki jaringan pipa yang rusak tambah Lely pihaknya dihadapkan dengan ketersediaan dana. untuk itu pihaknya mengusulkan pengalokasian dana sebesar Rp 4,9 miliar untuk perbaikan jaringan dengan cara membuat jaringan pipa baru mengganti pipa lama yang terpasang sejak tahun 1984 lalu.
“4,9 miliar itu  untuk rehab jaringan dalam kota.ada tujuh titik jaringan pipa  yang terpasang dari 1984. Ini kita mau buat jaringan baru,”katanya.
Sesuai surat keputusan bupati nomor
343/Kep/HK/2018 tersebut penaikan tarif air terbagi dalam beberapa klasifikasi pelanggan yakni untuk klasifikasi rumah tangga A naik dari Rp 800 menjadi Rp 2.000/meter kubik, klasifikasi rumah tangga B naik dari Rp 1.350 menjadi Rp 4.350/meter kubik dan klasifikasi C/niaga naik dari Rp 2.500 ke Rp 6.300/meter kubik. (Jmb)
___________________________
Foto: Lely Hayer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *