Rencana Pembangunan Pariwisata Kabupaten TTS Disosialisasikan

oleh -1.6K views
Kota SoE, Fakta TTS-Pemerintah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui dinas pariwisata kabupaten TTS Selasa (10/4/2018) menggelar publik hearing bersama sejumlah elemen masyarakat terkait dengan rencana pembuatan Peraturan Daerah (perda) TTS tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kabupaten (Ripparkab) TTS 2018-2025.
Kegiatan di aula utama kantor bupati TTS yang dihadiri pengusaha, mahasiswa, masyarakat dan sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN) kata kadis Pariwisata Tian Tallo untuk menghimpun saran atau masukan dari elemen masyarakat sebelum diproses menjadi peraturan daerah.
Dikatakan Ripparda tersebut menjadi acuan dari pemda TTS untuk megembangkan potensi obyek pariwisata di kabupaten TTS. Untuk itu pihaknya membutuhkan saran atau pendapat dari masyarakat sebagai sasaran pelaksanaan pembangunan daerah.
Kepala bagian (kabag) hukum setda TTS Jusak Banunaek,SH, salah satu pemateri mengatakan publik hearing tersebut merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pembentukan suatu aturan perundang-undangan. “Sosialisasi atau publik hearing ini adalah salah satu tahapan dalam pembuatan suatu peraturan daerah. Peraturan daerah itu menjadi payung hukum untuk kita bertindak mengembangkan pariwisata di kabupaten TTS,”katanya.
Dikatakan Jusak Banunaek, saran dan masukan publik lewat acara tersebut akan dirangkum oleh dinas pariwisata dan bagian hukum untuk disempurnakan sebelum dibawa ke DPRD untuk dibahas.
Ranpeda Riparkab tersebut terdiri atas empat bab dan tujuh pasal yang intinya memuat tentang strategi pengembangan obyek-obyek wisata yang ada di 32 kecamatan di kabupaten TTS.
Don Da Costa kabid pengembangan pariwisata dinas pariwisata TTS mengatakan visi dinas pariwisata kabupaten TTS adalah obyek pariwisata TTS harus menjadi destinasi unggulan di provinsi NTT. Visi tersebut akan diupayakan dengan melakukan empat misi
Yakni mengembangkan potensi pariwisata, mengembangkan promosi dan pemasaran, pengembangan industri pariwisata dan pengembangann sumber daya manusia.
Asisten III Setda TTS, Frans Maxi Oematan mewakili bupati TTS saat membuka kegiatan mengatakan dewasa ini Pariwisata menjadi bidang pembangunan yang menjadi fokus pemerintah provinsi NTT untuk dikembangkan.
Kabupaten TTS sebagai bagian dari provinsi NTT sudah sepatutnya mendukung program pemerintah provinsi NTT tersebut dengan menyiapkan regulasi dalam upaya pengembangan pariwisata di kabupaten TTS.
“Kita harus siapkan rambu-rambu pengembangan pariwisata. Ini bagian penting untuk kita memperbaiki pariwisata kita menjadi lebih baik dan punya manfaat besar untuk kita semua,”katanya.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *