PDAM TTS Belum Bisa Sumbang PAD

oleh -1.2K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) belum bisa memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemkab TTS karena jumlah penduduk yang terlayani jaringan air PDAM baru mencapai 10,16 persen dari jumlah penduduk TTS sebanyak 445.224 di 32 kecamatan.
Direktur PDAM TTS, Lily Hayer mengatakan secara regulasi PDAM baru bisa dibebani PAD jika jumlah penduduk yang terlayani jaringan air PDAM sudah mencapai 80 persen. “Aturannya PDAM baru bisa dibebani PAD kalau jumlah penduduk yang terlayani air bersih dari jaringan air yang di kelola PDAM itu sudah 80 persen dari jumlah penduduk, sekarang ini kita baru diposisi sekitar 10,16 persen,”kata Lily yang tak menyebut aturan dimaksud.
Dikatakan angka 80 persen itu bisa dicapai jika sebagian besar jumlah kecamatan di TTS sudah terpasang jaringan air yang pengelolaanya di serahkan ke PDAM.
Saat ini tambah Lily, sejumlah kecamatan sudah ada jaringan air bersih namun belum diserahkan Pemda ke PDAM untuk dikelola. “Ada beberapa kecamatan yang sudah ada jaringan air namun belum diserahkan ke PDAM untuk dikelola. Yang kami kelola saat ini baru Oinlasi, Niki – Niki, Siso, Kapan, Kuanfatu dan Panite sementara OeEkam, Kualin dan oenino baru penyerahan sementara utk di ujicoba saja. Kalau semua sudah kami kelola maka persentasinya bisa naik,”katanya.
Lily juga menyampaikan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga ada dana penyertaan modal dari Pemda TTS untuk menunjang operasional pelayanan. Perluasan jaringan air juga sementara dilakukan menggunakan dana yang ada demi memenuhi ketersediaan air bersih bagi masyarakat TTS.(jmb/pau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *