Kondisi Pangan Kabupaten TTS, Hanya 2 Kecamatan Yang Rawan

oleh -2.4K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yupiter Pah mengatakan saat ini kondisi ketersediaan pangan warga di kabupaten TTS cukup aman.
Dari 32 kecamatan yang ada hanya dua kecamatan yang terpantau kondisi pangannya rawan yakni kecamatan Amanuban Selatan dan kecamatan Kualin. Itu pun tidak untuk semua desa di dalam dua kecamatan tersebut.
untuk kecamatan Amanuban kecamatan menurut hasil pemantauan dinas Ketahanan Pangan kabupaten TTS hanya desa Oebelo sementara untuk kecamatan Kualin ada lima desa yang ketersediaan pangannya terancam yakni desa Toineke, Tuafanu, Kiufatu, Kualin dan desa Oni.
“Kita sudah pantau keliling kecamatan jadi yang pangannya rawan itu hanya dua kecamatan saja. Amanuban Selatan dan Kualin. Itupun tidak semua desa disitu,”kata Yupiter Pah di ruang kerjanya, Jumat (24/4/2020).
Ia mengagakan sesuai pantauan pihaknya  di enam desa itu kondisi ketersediaan pangannya kurang baik karena terlambat menanam akibatnya hasil panen jauh dari harapan. “Disana pertanian perkebunan sebagian besar masih bergantung pada hujan meskipun ada sumur bor dan sumber air lain. Mereka belum manfaatkan curah hujan tahun ini secara baik sehingga ada yang tanam terlambat. Ketersediaan air dari program pemerintah juga belum dimanfaatkan optimal,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *