Pengusaha di Niki-Niki Masuk Data Penerima BST, Kadis Nikson: “Kita Dikasih Waktu 2 Hari, Kemungkinan Human Eror”

oleh -11.2K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Kepala dinas sosial (kadinsos) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Nikson Nomleni mengakui penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat (pempus) kepada warga di kelurahan Niki-niki kecamatan Amanuban tengah, salah sasaran, karena ada sejumlah oknum pengusaha di kelurahan itu yang mendapat bantuan sebesar Rp 600.000/orang tersebut.
Ia menduga Ini terjadi karena  ada kekeliruan dalam proses pendataan pengusulan calon penerima ke kementerian sosial. Pendataan dilakukan oleh dinas sosial kabupaten TTS melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Waktu dua hari yang diberikan kementerian sosial bagi pihaknya untuk melakukan verifikasi dan validasi data terhadap usulan 10.000 calon penerima dari Pemda TTS memungkinkan terjadinya kesalahan dalam mengentri data ke kementerian sosial tersebut.  “Pendataan usulan pemda untuk penerimaan BST sebanyak 10.000 dikasih waktu cuman 2 hari, hal ini terjadi karena input data ke kemensos tidak dilakukan secara serentak untuk 10.000 tapi dientri secara bertahap dan kemungkinan nama penerima yang mampu di amanuban tengah terjadi karena human eror,”demikian kadis Nikson Nomleni kepada fakta-tts.com melalui layanan WhatsApp, Sabtu (9/5/2020) malam.
Dijelaskan proses pendataan calon penerima oleh dinsos kabupaten TTS melalui TKSK dilakukan pertengahan bulan lalu. Itu untuk memenuhi quota yang diberikan Kemensos untuk TTS sebanyak 28.401 penerima yang 18.401-nya berasal dari Data Terpadu Kesejahteraaan Sosial (DTKS) Kemensos dan quota 10.000.
Kemudian tambah kadis Nikson, quota tersebut  ditindaklanjuti oleh Pemda dengan mengusulkan sekitar 7.000 lebih calon penerima. Dan dari 7.000 lebih yang diakui oleh kemensos sebanyak 3.000 lebih penerima. “na 7.000 lebih itu dinsos dikasih waktu oleh kemensos hanya 2 hari harus mengirimkan kembali data ke kemensos dan pengiriman data ke kemensos tidak sekaligus karena kita masih melakukan vetifikasi dan validasi terhadap data yang dikirim sehingga kita akui ada kekeliriun dan kita sudah konfirmasi ke.pusat dan terhadap basudara yang kemarin dianggap mampu tapi kemarin terima, untuk penerimaan bulan mei tidak akan dapat lagi,”jelas kadis Nikson Nomleni.
Ia menambahkan persoalan tersebut juga sudah diklarfikasi ke Forkompinda. “Tadi saya sudah klarifikasi dengan pak Bupati, Kapolres dan dandim, jadi nanti kita data lagi yang belum dapat di.Niki-niki khusus yang seharusnya dapat,”katanya. (Jmb)

One thought on “Pengusaha di Niki-Niki Masuk Data Penerima BST, Kadis Nikson: “Kita Dikasih Waktu 2 Hari, Kemungkinan Human Eror”

  1. Salam sehat……jawaban Kadis Sosial Kab. TTS tidak memberi solusi permasalahan, tetapi alasan pembenaran. Sangat disesalkan apa bila pejabat memiliki karakteristik kepemimpinan seperti ini.
    Validasi data seharusnya sudah menjadi bagian pentinh dari pengumpulan dan finising data, walau sesempit apa pun waktunya.
    Lebih baik terlambat tapi tidak bermasalah dari pada mau instan untuk memperoleh apresiasi tapi akhirnya menuai persoalan.
    Maaf jika terlampau tajam, tetapi saya perlu memberikan masukan sehingga pada akhirnya kita tidak men ari kambing hitam dalam.hal ini. Salam Sehat, TTS bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *