Husnia Tertangkap, Bawa Gadis Belia Dari Toineke ke Makasar

oleh -1.3K views

Kota SoE,Fakta TTS-Nasib nahas dialami Husnia (35), warga  Prasangang kabupatenTakalar Provinsi Sulawesi selatan. Ia ditangkap aparat polisi Polsek Batu putih kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Sabtu (19/5/2018) di Batu putih karena kedapatan membawa YP (15), gadis belia asal desa Toineke kecamatan Kualin kabupaten TTS.

Informasi dari Kepolisian, YP akan dibawa ke Kupang untuk selanjutnya ke Makasar. Polisi menduga YP dibawa keluar untuk diperdagangkan sebagai TKW oleh Husnia dengan modus disekolahkan di Makasar.

Kasatreskrim Polres TTS Iptu Jamari, Minggu (20/5/2018) petang menginformasikan bahwa pada Sabtu (5/5/2018) sekitar pukul 08.00 wita, Husnia bertemu dengah Saksi TL di rumahnya. Saat itu Husnia menanyakan kepada TL (dalam penyelidikan) apakah ada anak yang mau di sekolahkan di Makasar.
Saat itu Husnia menyampaikan kepada TL bahwa dirinya sedang mencari anak untuk di sekolahkan di Makasar dan tinggal di panti asuhan AK milik kakaknya.
TL  mengatakan kepada Husnia kalau anaknya masih sekolah dan meminta waktu untuk menanyakan kepada keluarganya yang lain.

Beberapa jam kemudian kata kasat Jamari datang MP, bapak kandung YP. “Saat itu Tersangka (Husnia) mengatakan kepada orang tua korban  (YP) apa mau kalau anaknya dibawa ke Makasar untuk dikasih pekerjaan dan jika masih sekolah akan disekolahkan dan saat itu MP menyetujui permintaan tersangka tersebut untuk dibawa ke Makasar,”jelas kasat Jamari.

Ditambahkan, kemudia pada Sabtu 19 Mei 2018, Husnia membawa korban YP ke Kupang namun saat tiba di Polsek batu putih Mobil yang di tumpangi oleh Husnia dan YP di tahan oleh anggota Polsek Batu putih yang dipimpin Kapolsek Iptu Kamarudin Bin Sabon dan Pasi Intel Kodim 1621/TTS Lettu Gunawan dan  selanjutnya pelaku bersama korban diamankan dan dibawa ke polres TTS.

Dikatakan kasat Jamari, Polisi mengenakan Pasal 2 ayt (1) dan atau pasal 10 dan atau pasal 17 UU RI nomor 21 thn 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang untuk memproses Husnia. Husnia terancam
hukuman paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun atas tindak pidana yang diduga dilakukan.
Informasi yang dihimpun Fakta TTS, polisi sementara melakukan pemeriksaan intensif terhadap Husnia dan sejumlah saksi untuk mencaritahu kemungkinan adanya korban lain selain YP. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *