Masalah Dana Desa Tubuhue di Tangan Inspektorat, Jaksa Tak Bisa Masuk

oleh -1.2K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Dugaan masalah pemanfaatan dana desa Tubuhue, Amanuban barat, kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sementara ditangani inspektorat kabupaten TTS melalui Aparat Pemeriksa Intern Pemerintah (APIP).
Pihak Kejari TTS yang menerima laporan Araksi TTS soal itu tak bisa mengambil upaya hukum dengan melakukan pemeriksaan karena dibatasi instruksi presiden (inpres) yang menggariskan Aparat Penegak Hukum (APH) tak bisa melakukan pemeriksaan terhadap suatu persoalan pengelolaan keuangan pemerintah jika sudah di tangani oleh APIP.
Tindaklanjut Inpres tersebut telah ditindaklanjuti dengan MOU antara Kemendagri, Kepolisian dan Kejaksaan.
Demikian disampaikan Kajari TTS, Fachrizal,SH Kamis (4/7/2019) ketika ditanya soal Tindaklanjut Kejari TTS atas laporan Araksi TTS soal dugaan korupsi dana desa Tubuhue tahun anggaran 2016,2017 dan 2018. “Ada MOU-nya supaya tidak tumpang tindih dalam penanganan masalah anggaran negara,”kata Kajari Fachrizal didampingi kasie pidsus Khusnul Fuad,SH dan Kasie Intel, Mourits Kolobani,SH.
Ditambahkan Khusnul Fuad, Kejari TTS bisa mengambil tindakan hukum namun perlu melihat hasil akhir dari upaya pemeriksaan yang dilakukan APIP. “Nanti kita sama-sama tunggu hasil pemeriksaan APIP seperti apa, kalau ada tindakan melanggar aturan kita bisa masuk (periksa),”kata Fuad yang mengatakan saat ini pihaknya masih disibukan dengan penanganan sejumlah persoalan korupsi seperti embung Mnelalete, dana desa Hoi, dana PIP SMP Amanuban selatan dan Landscape yang diserahkan penyidik Polres TTS.
Informasi dari sumber di inspektorat TTS, APIP tengah melakukan pemeriksaan dan sudah pada tahap pengolahan data.
Inspektur kabupaten TTS, Obby Nahas tidak berada di kantornya saat hendak dikonfirmasi soal pemeriksaan APIP. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *