Posisi Tergugat Dalam Gugatan Ganti Rugi Ikut Berpengaruh Terhadap Putusan

oleh -4K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Pengacara senior yang berpraktik di Pengadilan Negeri (PN) SoE kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT, Stev Pobas,SH mengatakan dalam suatu perkara perdata tentang tuntutan ganti kerugian, penentuan dan penempatan posisi suatu pihak menjadi tergugat sangat penting jika pihak yang digugat lebih dari satu. Ini karena gugatan ganti rugi berkaitan dengan perbuatan melawan hukum, sehingga kapasitas peran dan tanggungjawab pihak yang terlibat dalam perbuatan melawan hukum tersebut perlu dirunut secara jelas. Dari runutan keterlibatan tersebut kronologi perkara akan jelas dan hal itu akan memudahkan penggugat dalam pembuktian perkara.
“Perkara gugatan ganti rugi berkaitan dengan perbuatan melawan hukum sehingga pihak yang berkaitan langsung dengan perbuatan melawan hukum tersebut perlu ditempatkan sebagai tergugat pertama, posisi atau penempatan tergugat lainnya perlu melihat keterlibatan mereka, sejauh mana keterlibatan mereka. Ini penting supaya dalil gugatan menjadi jelas dan tersusun rapi. Dalam perkara perdata struktur gugatan, kronologi masalah harus jelas karena itu bisa mempengaruhi putusan,”kata Stev Pibas di PN SoE tengah pekan lalu.
Begitupun soal nilai ganti rugi yang dituntut. Hitungan nilai kerugian harus ril dengan dasar hitungan yang jelas.
“Soal penentuan nilai ganti rugi yang dilihat pertama adalah kerugian riil, misalnya soal mobil berapa harga dump truk itu. Dasar menghitung kerugian ril atau materilnya harus jelas. Kalau tanah maka nilainya harus melihat harga yang ditetapkan pemerintah dalam hal ini NJOP-nya. Selain itu ada juga nilai inmateril,”katanya.
Menurutnya soal pihak yang digugat atau tergugatan dan besarnya nilai kerugian adalah unsur penting dalam gugatan ganti rugi. “Ketika tidak cermat kita menyusun, gugatan bisa kacau pula, pembuktian akan susah nah kalau pembuktiannya susah maka gambaran putusannya sudah bisa kita prediksi,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *