Kejari TTS Terima Banyak Laporan Dana Desa, Belum Ada Yang  Dilidik

oleh -840 views
Kota SoE, fakta-tts.com – Kepala Kejaksaan negeri (Kajari) Timor Tengah Selatan (TTS) , Fachrizal,SH mengatakan dalam tahun 2020 ini pihaknya telah menerima banyak laporan atau pengaduan dari masyarakat soal pengelolaan dana desa namun dari sekian banyak laporan yang tidak diingat persis jumlahnya itu belum ada yang masuk tahap penyelidikan.
Tindaklanjut Kejari atas laporan yang diterima tersebut masih sebatas mempelajari persoalan sambil menunggu hasil audit inspektorat. Hingga Rabu (22/7/2020) belum ada satupun rekomendasi inspektorat atas hasil audit dana desa yang diterima Kejari TTS.
“Ada banyak laporan soal dana desa yang kami terima, kita sementara masih pelajari, kita butuh hasil audit inspektorat. Kemarin ada masyarakat dari desa Taebone yang kesini serahkan hasil audit inspektorat namun itu copiannya, yang serahkan bukan inspektorat,”kata Kajari Fachrizal kepada wartawan usai upacara memoeringat Hari Ulang Tahun (HUT) Adhyaksa ke-60, Rabu (22/7/2020) di kantor Kejari TTS.
Sesuai pantauan pihaknya kata Kajari Fachrizal pengelolaan Dana Desa di Kabupaten TTS banyak masalah namun ada juga yang patut diapresiasi karena dikelola secara transparan sehinggabdiketahui oleh masyarakat.
“Pengelolaan dana desa di Desa Noemuke itu baik sekali. Sangat transparan, maka hasil budidaya tanaman juga harus dipublis sehingga bisa diikuti desa lainnya,”ujarnya.
Kajari Fachrizal memastikan memproses pengaduan dana desa yang masuk sepanjang indikasi kerugian negaranya kuat didukung rekomendasi inspektorat.
“selaku APH kita perlu juga hasil audit APIP, karena ada yang akan mengembalikan temuan APIP. Kalau tidak ada perubahan dan tidak tindak lanjuti temuan APIP untuk kembalikan temuan itu baru kita proses,”katanya.
Saat ini pihaknya masih fokus pada pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) pengelolaan dana penyertaan modal Pemda untuk Perusahaan Daerah (PD) Mutis Jaya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *