Warga SoE Bingung, Dua Paslon Menang di Facebook

oleh -1.2K views

Kota SoE, Fakta TTS-Sejumlah warga Kota SoE, ibukota kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dibingungkan dengan informasi kemenangan dua pasangan calon (paslon) bupati-wabup TTS yang disiarkan sejumlah akun media sosial (medsos), facebook.

Erik S, warga Kota SoE kepada Fakta TTS di kantor KPU TTS, Kamis (28/6/2018) mengaku sejak Rabu (27/6/2018) malam hingga Kami (28/6/2018) ada acun yang menyajikan rekapan perolehan suara yang menempatkan paslon nomor urut 2, Obed Naitboho-Aleksander Kase sebagai peraih suara terbanyak dan ada juga akun yang menyajikan perolehan suara terbanyak untuk paslon nomor urut 3, Eppy Tahun-Jhon Army Konay. selain kedua paslon, Pilkada TTS juga diikuti Ampera Seke Selan-Yan Tanaem, paslon nomor urut 1 dan Johanis Lakapu-Yefta Mella, paslon nomor urut 4.
“kita bingung karena di facebook itu paket nomor 2 menang, ada juga yang posting paket nomor 3 yang menang,”kata Erik yang tidak menyebut akun dimaksud.
Erik mengaku datang ke KPU untuk mencaritahu informasi rekapan suara sementara dari keempat paslon agar diperoleh kepastian soal paket yang untuk sementara memperoleh suara terbanyak setelah pencoblosan sehari sebelumnya.
“saya kesini untuk mau caritahu saja apakah ada perekapan data juga oleh KPU sebagai lembaga resmi. karena informasi di facebook ini bikin bingung,”kata Erik di halaman kantor KPU TTS sekitar jam 10.30 wita. Ia tidak berhasil menemui komisioner KPU untuk mengkonfirmasi hal tersebut.
Erik menambahkan di Facebook akun-akun dimaksud juga menyampaikan kalau data yang disajikan tersebut berdasarkan format C1KWK yang diperoleh.
Ia kuatir dari postingan-postingan perolehan suara sementara di facebook tersebut akan menimbulkan gesekan di masyarakat.
Tak hanya Erik, salah satu warga lainnya yang bersama Erik di kantor KPU TTS juga mengaku bingung sehingga ingin mendapat informasi langsung dari pihak KPU terkait perokehan suara sementara keempat paket. “dulu setiap hari setelah pemilihan itu ada update data sementara dari KPU, saya kurang tahu apakah sekarang juga begitu atau tidak makanya kita pingin tahu dari KPU,”kata warga laki-laki ini.
Belum diperoleh konfirmasi dari pihak KPU TTS soal rekapan dan tahapan pleno perolehan suara. Namun informasi yang diperoleh Fakta TTS, pleno rekapitulasi penghitungan perolehan tingkat kecamatan akan dimulai Jumat (29/6/2018) besok. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *