Ada Granat Aktif di TPA Noinbila Dekat Gardu PLN Nonohonis

oleh -3.1K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Sebuah granat aktif ditemukan tergelatak diatas tumpukan sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di desa Noinbila kecamatan Molo selatan, tak jauh dari Gardu Induk PLN di kelurahan Nonohonis kecamatan Kota SoE kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kasat Intel Polres TTS, AKP Robby Lesik kepada fakta-tts.com di Mapolres TTS, Selasa (12/5/2020) siang menyampaikan granat jenis Manggis tersebut awalnya ditemukan Dominggus Neken (22) pemulung besi tua di Lokasi TPA, Dusun 01, Rt 07/Rw 02, Desa Noinbila.
pada Senin (11/5/2020) sekitar pukul 14.00 wita,
“Dari kondisi di TKP kayaknya barang itu barusan ada disitu karena berada di permukaan sampah , kalau sudah lama pasti tertutup sampah,”katanya.
Dijelaskan kasat Robby Lesik, Dominggus Neken warga Oehala, desa Oelekam, datang ke lokasi TPA Noinbila untuk mencari besi tua.
Saat itu Dominggus melihat sebuah toples dengan tutupan berwarna hijau yang berisikan sebuah benda di dalam toples tersebut. Karena penasaran ingin mengetahui benda apa yang berada di dalam toples sehingga Dominggus membuka tutupan toples dan menemukan benda yang menyerupai granat berada di dalam toples.
Dominggus kemudian memberitahukan hal itu ke rekannya Otnial Pay dan selanjutnya dilaporkan kepada Bhabinsa Mollo Tengah Serda Antonius Suraes dan  Bhabinkamtibmas Desa Noinbila Brigpol Ricky Budiman.
Menindaklanjuti laporan dari Bhabinkamtibmas itu kemudian Kasat Intelkam AKP Robby Lesik bersama KBO dan piket siaga intelkam mendatangi TKP.
“Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan selanjutnya dilakukan sterilisasi dan pemasangan police line oleh Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres TTS yang berkoordinasi dengan Tim Jibom Den Gegana Sat Brimobda NTT,”kata kasat Robby Lesik.
Dijelaskan Pukul 22.45 wita Tim Jibom dengan pengawalan dari Sat Lantas Polres TTS tiba di TPA Desa Noinbila dan melakukan pengecekan di TKP. “Dari hasil pengecekan oleh Tim Jibom dapat diidentifikasikan bahwa benda yang ditemukan oleh Dominggus Neken adalah granat manggis,”katanya.
Kondisi granat manggis tersebut dikatakan masih aktif, namun pengaman granat sudah berkarat sehingga granat tersebut diamankan dan dibawa menggunakan “BOMB BLANKET” untuk selanjutnya dilakukan disposal di Lapangan Tembak Kodim 1621 TTS.
Pukul 23.40 wita bertempat di Lapangan Tembak Kodim 1621 TTS dilaksanakan penjinakan (disposal) oleh Tim Jibom  terhadap temuan granat manggis tersebut. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *