“GURU TAK SEBATAS PROFESI TAPI PELAYANAN”

oleh -1.8K views
Oleh : AMON B. TENIS / Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris, STKIP SOE
Guru adalah salah satu profesi yang diibaratkan dengan dunia pendidikan secara menyeluruh, profesi guru merupakan pemegang kendali perputaran pendidikan di negeri ini, bahkan dunia. (Yefri, 2016).
Guru sebenarnya tidak sebatas profesi tapi Guru merupakan pelayan yang diutus Tuhan untuk menjadi pelita bagi insan di bumi ini. Kualitas pendidikan hidup insan dunia ini ditentukan oleh seorang guru.
Profesi Guru adalah suatu tugas mulia karena guru adalah motivator dan pengubah karakter peserta didik dimasa yang akan datang, dan akan terus bergenerasi dari zaman ke zaman. sehingga sederhananya adalah Guru sebagai kaum pendidik diikuti oleh kaum terdidik “Guguh dan ditiru”.
Profesi guru seharusnya menjadi tonggak penentu masa depan. Terkadang profesi guru dibandingkan dengan imbalan yang diberikan. Padahal uang bukan tolak ukur untuk mengukur kualitas seorang guru. Memang semua manusia membutuhkan uang, tapi apakah dengan imbalan yang diberikan sepadan dengan pengorbanannya?. Guru terkadang disamakan dengan profesi lainnya, namun dapat kita ketahui bahwa menjadi guru berarti siap menjadi pelayan.
Sebagai penentu keberhasilan peserta didik Guru berjuang dan bekerja keras mencari dan menemukan metode dan strategi yang sesuai agar materi atau pelajaran yang disampaikan dapat diterima peserta didik.
Dari hal ini, masihkah kita berpikir bahwa uang dapat menjadi tolak ukur kualitas guru.
Guru adalah pendidik, motivator, pengubah karakter. Menjadi sorang guru bukan saja menjadi pendidik melainkan menjadi pengubah karakter peserta didik dari yang tidak baik menjadi baik. Sebagai pendidik, guru mengajar peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu.
Guru dapat dikatakan sebagai orang tua kedua setelah ayah dan ibu. Guru menyayangi dan mendidik peserta didik layaknya seorang ayah dan ibu kepada anak-anak.
Dari hal-hal diatas dapat disimpulkan bahwa Guru sebenarnya bukan saja profesi tetapi lebih tepatnya adalah pelayanan. Guru merupak sebuah tugas mulia yang dijalankan sebagai ibadah kepada Tuhan sang guru agung itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *