Ilta Tafuli, Puteri Tenun NTT 2019

oleh -1.6K views

Kupang, fakta-tts.com – Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menempatkan wakil terbaiknya di Ajang Pemilihan Putri Tenun NTT Tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Jumat (21/6/2019 ).

Ilta Tafuli, berhasil mengharumkan nama kabupaten TTS di ajang tersebut dengan menyabet juara I menyisihkan 18 peserta lain dari Kota Kupang, Manggarai Barat, Belu, Rote Ndao, Kabupaten Kupang, Sumba Barat Daya, TTS, Flores Timur, Ngada, Lembata, Sikka, Alor, Malaka, Sumba Barat, Nagakeo, Sabu Raijua, Sumba Timur dan Ende.

Puteri dari Eben Tafuli, guru SMA Al Ikhlas SoE itu pun akhirnya  berhak menyandang predikat Puteri Tenun NTT tahun 2019.

Kepada wartawan Ilta menyatakan syukur kepada Tuhan dan terimakasih kepada Pemda TTS yang telah membekali dirinya tentang kebudayaan TTS terutama menyangkut tenunan sebelum mengikuti ajang tersebut.

Menenun menurutnya patut dilestarikan karena merupakan budaya dan ciri khas suatu daerah yang digambarkan melalui motif tenunan.

Iltha mengatakan busana tenun perlu dikenakan dalam acara-acara formal karena hal tersebut merupakan suatu bentuk pelestarian dan penghargaan atas budaya daerah.

Tenunan adalah kekayaan daerah yang patut dikenal luas karena itu semua pihak diharapkan dapat mempromosikan tenunan daerah agar dikenal luas. Iltha berjanji akan melakukan itu sebagai salah satu tanggungjawabnya sebagai Puteri Tenun NTT tahun 2019.

Pemilihan Putri Tenun NTT Tahun 2019 dihadiri oleh Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, Devrico Ali dan Nurun Naza Desainer muda Indonesia (*/jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *