Ada Tanda Khusus di Surat Suara PSU 30 TPS

oleh -1.5K views

Kota SoE,Fakta TTS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sejak Senin (15/10/2018) melakukan penyortiran terhadap surat suara dan logistik lainnya yang akan digunakan pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 30 TPS dalam 19 desa di 10 kecamatan.
PSU ini dilakukan atas perintah MK RI dalam mengadili sengketa Pilkada TTS yang diajukan pasangan calon (paslon) Drs. Obed Naitboho-Aleksander Kase.

Ketua KPU TTS, Santi Soinbala kepada Fakta TTS di kantornya, Senin (15/10/2018) mengatakan Surat suara pada PSU ini bentuknya sama seperti surat suara pada pemungutan 27 Juni 2018 lalu yang mana di surat suara juga termuat gambar empat paslon peserta Pilkada TTS Juni 2018 lalu, hanya saja kata Santi di Surat suara yang akan digunakan 9.041 pemilih di di 30 TPS itu diberi tanda khusus untuk membedakan dengan surat suara pada pemungutan 27 Juni 2018 kemarin.

Tanda khusus yang dimaksudkan yakni pada sisi luar/belakang surat suara terdapat tulisan “Pemungutan Suara Ulang” yang menyilang persis di tengah sisi kertas. “ada tanda khusus di surat suara PSU. ini untuk membedakan dengan surat suara yang lama. hal ini diatur dalam PKPU nomor 8 tahun  2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara,”kata Santi.

Dikatakan hal tersebut sudah disosialisasikan kepada warga di wilayah PSU.
Surat suara yang disiapkan berjumlah sesuai DPT di wilayah PSU ditambah 2,5 persen. “yang kita cetak sesuai jumlah DPT di tambah 2,5 persen dari DPT jadi silahkan hitung sendiri saja,”katanya. Jumlah DPT di 30 TPS yang tersebar di 19 desa dalam 10 kecamatan sebanyak 9.041.

Pendropingan logistik akan dilakukan mulai Selasa (16/10/2018) termasuk undangan pilih. Dari sosialisasi PSU yang dilakukan kata Santi, warga cukup merespon baik soal PSU. “Intinya mereka siap untuk pilih ulang,”katanya. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *