Merius Sopaba Akhirnya Jadi Calon Kades

oleh -2.2K views

OeEkam, Fakta TTS-Upaya mencari keadilan yang dilakukan Merius Sopaba dalam proses pencalonan kepala desa (kades) OeEkam kecamatan Amanuban timur kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) berbuah manis. Setelah ditolak dalam bursa pencalonan oleh panitia pencalonan karena sejumlah alasan yang dirasa tidak logis, Merius melawan dengan membuat surat penolakan keputusan panitia yang dikirim ke pemangku kebijakan di daerah termasuk media massa dengan dilampiri sejumlah bukti tentang adanya kejanggalan dalam penolakan terhadapnya saat penetapan bakal calon kades.

Merius akhirnya direkomendasikan timwas untuk diakomodir sebagai calon kades setelah ada klarfikasi kesalahan dari sejumlah pihak termasuk Pengadilan Negeri (PN) SoE.
Diakomodirnya Merius sebagai calon kades OeEkam tersebut diketahui Fakta TTS lewat surat tim Panwas pilkades OeEkam bernomor 01./BA/Timwas.DSOE/2018 tertanggal 16 Januari 2018 tentang berita acara penyelesaian sengketa yang diterima redaksi Fakta TTS, Selasa (6/2/2018).
Dalam Berita acara yang ditandatangani timwas desa, timwas kecamatan dan Merius Sopaba tersebut termuat 3 poin penegasan yang intinya menyatakan berkas persyaratan pencalonan Merius Sopaba dinyatakan lengkap dan sah sehingga diakomodir menjadi calon.
Tim was dalam surat tersebut juga menyatakan penetapan dan penarikan nomor urut pada Jumat 12 Januari 2018 tidak sah secara hukum karena belum waktunya untuk dilakukan penetapan calon dan penarikan nomor urut.
“Peneylesaian atas sengketa ini menjadi dasar untuk penerbitan rekeomendasi tim pengawas,” tulis tim pengawas.
Sebelumnya Merius keberatan atas penolakan panitia terhadapnya untuk menjadi calon karena sejumlah alasan diantaranya NIP dr. Ani Otu dalam surat keterangan kesehatan bagi Merius yang hanya 16 digit. Menurut panitia NIP harus 18 digit. Selain itu ada sejumlah alasan lainnya yakni soal angka RT sebagai alamat domisili dalam surat keterangan PN SoE yang tidak sesuai KTP dan hal itu sudah diklarifikasi pihak PN SoE. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *