Gerindra & Hanura Tolak Rasionalisasi Anggaran Pemda TTS

oleh -4.2K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Fraksi Gerindra DPRD Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi NTT menolak upaya rasionalisasi anggaran yang dilakukan Pemda setempat melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena dianggap alasan rasionalisasi tidak jelas.

Sikap penolakan tersebut disampaikan dalam paripurna penyampaian dan pembahasan LKPJ kepala daerah tahun 2018, Selasa (28/5/2019)
“Fraksi Gerindra memohon penjelasan tertulis dari Pemda kepada DPRD. Rencana rasionalisasi tujuannya untuk apa?. Apakah rencana rasionalisasi tidak mengganggu struktur APBD 2019 yang telah kita tetapkan bersama?,”kata Aleksander Nubatonis saat membacakan pandangan umum fraksi Gerindra dalam paripurna tersebut.
Disampaikan fraksi Gerindra menolak rencana sosialisasi tersebut karena isu devisit anggaran sebesar Rp 35.421.651.506 telah diatasi dengan rasionalisasi APBD tahun 2018, sementara dalam pembahasan RAPBD 2019 lalu, seluruh fraksi di DPRD TTS sama sekali tidak menaikan estimasi Silpa sehingga tidak mungkin akan terjadi devisit pada APBD 2019 ini.
“Fraksi Gerindra menegaskan agar Pemda tidak melakukan pemotongan anggaran sepihak dengan tidak libatkan Banggar DPRD, hal apa saja yang sangat mengganggu Pemda sehingga setiap tahun harus lakukan rasionalisasi anggaran yang sudah kita tetapkan?,”ujar Aleksander Nubatonis.
Informasi yang dihimpun fakta-tts.com, Rasionalisasi tersebut dilakukan untuk mengatasi persoalan hutang 70-an miliar ke pihak ketiga yang kini dihadapi Pemda TTS.
Selain Gerindra, fraksi Hanura juga menyoroti upaya Pemda tersebut. Jika fraksi Gerindra Meminta penjelasan Pemda atas Surat Edaran bupati nomor BPKAD.32.04.01/534/2019 tanggal 24 April 2019 tentang rencana rasionalisasi APBD 2019 yang telah sampai ke seluruh OPD, maka fraksi Hanura meminta SE tersebut ditarik kembali karena rasionalisasi anggaran tersebut merugikan masyarakat karena anggaran program kegiatan yang sudah ditetapkan dihilangkan begitu saja lewat rasionalisasi tersebut.(jmb)
____________________
Foto: Aleksander Nubatonis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *