APBD Tahun 2020 Aman, Tak Ada Sanksi Untuk TTS

oleh -3.6K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Proses Penetapan APBD TTS tahun 2020 sudah selesai setelah pimpinan DPRD TTS menyerahkan persetujuan DPRD tentang hasil penyesuaian asistensi APBD kepada Pemda TTS untuk diundangkan. Penyerahan persetujuan pimpinan DPRD kepada Pemda TTS tersebut berlangsung dalam paripurna  Senin (6/1/2020) malam.
Anggota DPRD TTS, Ruba Banunaek kepada fakta-tts.com, Kamis (8/1/2020) mengatakan proses penetapan APBD TTS tahun 2020 tersebut tidak ada persoalan karena proses tahapannya sudah sesuai dengan PP 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. PP tersebut merupakan amanat pelaksanaan UU 23 tahun 2014 tentang Pemda. Dengan demikian kata Ruba tidak ada sanksi dari pemerintah pusat terhadap Pemda maupun DPRD TTS terkait proses penetapan perda APBD tahun 2020 tersebut.
Dijelaskan dalam PP tersebut diamanatkan persetujuan bersama tentang APBD antara DPRD dan Pemda paling lambat dilakukan satu bulan sebelum berakhir tahun anggaran. Untuk kabupaten TTS kata wakil partai Golkar ini bahwa persetujuan bersama antara DPRD dan Pemda TTS soal APBD tersebut sudah dilakukan 28 November 2019, satu bulan sebelum berakhir tahun anggaran 2019.
“Sanksi itu diterapkan kalau tidak ada persetujuan bersama anatara Pemda dan DPRD dalam waktu yang sudah ditetapkan aturan itu. Jadi perda APBD kita sudah aman, masyarakat tak perlu kuatir soal pemotongan anggaran pembangunan di tahun 2020,”katanya.
Dijelaskan proses APBD tersebut sudah melewati tahapan pembahasan di Banggar  dan di paripurnakan sebelum dibawa ke provinsi untuk asistensi. setelah asistensi tersebut telah dilakukan penyesuaian kembali oleh Banggar. Dan setelah itu telah digelar paripurna hasil penyesuaian tersebut. Dan setelah itu dilakukan proses pemberian nomor registrasi oleh gubernur baru diserahkan ke Pemda.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *