dr. Ria Tahun Dikabarkan Ingin Mundur Dari Direktur RSUD SoE

oleh -2.3K views

Kota SoE, Fakta TTS-Dokter (dr) Ria Tahun dikabarkan ingin mundur dari jabatan direktur RSUD SoE. Alasan mundur dokter Ria belum diketahui persis karena yang bersangkutan tidak merespon konfirmasi Fakta TTS lewat SMS maupun telepon, Kamis. (22/3/2018).

Kabar keinginan lepas jabatan direktur RSUD dari dr. Ria Tahun tersebut juga diketahui sekretaris daerah (sekda) Timor Tengah Selatan (TTS), Marten Selan,SH dan ketua DPRD TTS, Jean Neonufa.

Kepada Fakta TTS, Kamis (22/3/2018) di ruang kerjanya, Sekda Marten Selan mengatakan dr. Ria pernah menyampaikan langsung keinginannya itu dalam rapat pejabat pemda TTS di bagian umum setda TTS jelang pelantikan pejabat eselon II baru-baru ini. “Ia pernah sampaikan dalam rapat kalau ingin mundur dari jabatan direktris, tapi itu permohonan harus secara tertulis bukan lisan begitu. Sampai saat ini saya belum lihat surat permohonan mundur dari yang bersangkutan,”kata Selan.

Sekda Marten Selan mengatakan mekanismenya surat permohonan mundur dari jabatan harus diajukan ke bupati sebagai pembina kepegawaian di daerah. Dari bupati surat tersebut di disposisi ke sekda untuk dikaji secara tekhnis sebelum diterbitkan surat keputusan (SK) oleh bupati sebagai pihak yang menerbitkan SK pengangkatan.

Alasan mundur pun kata sekda Selan harus dengan alasan jelas dan tulus karena alasan tersebut akan dikaji secara tekhnis oleh Tim Penilai Kinerja (TPK) daerah.  “Mundur itu hak tapi harus ikut prosedur karena kita akan rapatkan di tim penilai kinerja. Alasan mundur juga harus jelas dan tulus tidak karena ada masalah. Kita akan kaji dan pertimbangkan alasan mundurnya jika ada pejabat yang ajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatannya. Kalau mundur karena ada masalah kita akan pertimbangkan karena namanya masalah harus dipertanggungjawabkan dulu,”katanya.

Sementara lewat telepon, ketua DPRD TTS, Jean Neonufa juga mengaku mendapat kabar tersebut. Dan setahu Jean, dr. Ria bukan baru satu kali menyampaikan niatnya mundur dari jabatan direktur RSUD SoE. “Sudah berulangkali dokter Ria sampaikan itu (mundur) secara lisan ke bupati. Tapi apakah sudah ada permohonan tertulis saya tidak tahu karena kami DPRD belum dapat pemberitahuan resmi soal itu,”kata Jean.

Ia mengatakan belakangan sering muncul persoalan terkait pelayanan di RSUD SoE dan hal itu mestinya pemda melakukan evaluasi manajemen RSUD SoE dan jika ditemukan adanya persoalan serius di lingkup manajemen RSUD SoE maka bupati sepatutnya melakukan pergantian pejabat termasuk direktur untuk membenahi sistim pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Bupati Paul Mella belum berhasil dikonfirmasi soal ini namun sebelumnya kepada wartawan, bupati Mella mengatakan ada sejumlah pejabat struktur di RSUD SoE yang ingin mundur dari jabatannya.(Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *