Wadah Wanita Pengusaha Indonesia Terbentuk di TTS, Apa Tujuannya?

oleh -4K views
Kota SoE,Fakta TTS-Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Ir. Paul Mella,M.Si, Kamis (6/9/2018) mengukuhkan pembentukan organisasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) kabupaten TTS di aula gunung Mutis kantor bupati TTS.
Pengukuhan tersebut dihadiri ketua DPD IWAPI provinsi NTT, Ince Sayuna dan jajaran serta Forkopimda kabupaten TTS dan sejumlah pimipinan instansi pemerinrah dan swasta.
Ince Sayuna mengatakan organisasi IWAPI ini bukan baru karena sudah terbentuk sejak tahun 1975 lalu dan sudah 8 kali menggelar musyawarah nasional (Munas). strukturnya juga sudah ada dari pusat hingga daerah. Di NTT kata sekretaris DPD I Golkar NTT ini,  IWAPI baru dibentuk enam bulan lalu dan Kabupaten TTS adalah kabupaten kelima di provinsi NTT yang sudah dilantik kepengurusannya.
Keberadaan IWAPI ini kata Ince Sayuna punya beberapa tujuan dan fungsi diantaranya sebagain wadah berhimpun perempuan pengusaha, sebagai wadah peningkatan kapaitas perempuan pengusaha, sebagai wadah bagi perempuan pengusaha untuk memperluas jaringan usaha terkait pemasaran dan lainnya.
“intinya semua tujuan dan fungsi IWAPI itu untuk pembangunan bangsa,”katanya.
Wanita-wanita pengusaha yang terlibat dalam keanggotaan IWAPI ini kata Ince cukup beragam dari skala kecil seperti penjual tempe hingga pemasok senjata api. “wanita-wanita yang ada dalam keanggotaan Iwapi ini dari beragam latar belakang usaha dari penjual tempe hingga pemasok senjata..Ketua umum kita di pusat, beliau itu bergerak dibidang usaha pemasok senjata,”katanya.
Untuk IWAPI NTT kata Ince, wanita yang termasuk dalam keanggotaan ada yang berusaha di bidang media massa,.properti, SPBU, jasa pelatihan dan usaha lainnya. “Wanita yang punya usaha bisa bergabung dalam wadah ini, baik usaha kecil menengah sampai yang usaha besar. dari 40 ribu anggota IWAPI di Indonesia hanya dua persen yang usaha besar,”katanya.
Ia berharap IWAPI TTS dapat menjadi mitra yang baik dengan pemda dan BUMN dan BUMD yang ada dalam mengembangkan usaha perempuan untuk menunjang pembangunan daerah.
Ketua umum DPC IWAPI kabupaten TTS, Ir. Rambu Atanau Mella mengatajan IWAPI merupakan organisasi profesi yang memiliki visi menciptakan pengusaha perempuan yang kuat di daerah, nasional bahkan internasional. misinya untuk memperkuat usaha kecil menengah perempuan, mendapat akses tekhnologi dan pemasaran serta keuangan atau permodalan.
Dalam IWAPI TTS kata Rambu Mella terhimpun perempuan yang bergerak di usaha kecil dibidang pengolahan hasil pertanian dan peternakan, usaha tenun baik sebagai produsen maupun pemasar, usaha perhotelan, salon, biro perjalanan bahkan kontraktor.
Dalam kiprahnya kedepan kata Rambu Mella, IWAPI TTS membutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik dengan pemerintah, swasta,.BUMN dan BUMD untuk penguatan dam pengembangan UKM.
“kami harap ada kerjasama dan dukungan dari semua pihak, pemerintah, swasta, BUMN, BUamD agar kami dapat mengembangkan usaha yang lebih baik dan banyak lagi dan tentunya dapat melibatkan perempuan pengusaha lebih banyak lagi agar bisa bersaing dengan dunia luar,”katanya.
Dikatakan persoalan yang dihadapi saat ini adalah pemasaran sehingga diharapkan ada kerjasama dengan jaringan pemasaran nasional dan internasional.
Bupati Paul Mella mengatakan pemda siap mendukung kiprah IWAPI karena organisasi itu punya visi misi yang baik dalam menunjang program pembangunan masyarakat oleh pemerintah. terutama dibidang penguatan ekonomi rumah tangga.
“IWAPI ini akan punya dampak besar terhadap perkembangan ekonomi keluarga jika dikelola dengan baik. manajemen organisasi harus berjalan baik. IWAPI harus jadi motivasi bagi permpuan di TTS untuk berusaha
Pemda siap bermitra,”katanya. (jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *