Ada Embung Di Oekefan, Lurah: “Itu Bukan Usulan Kami”

oleh -1.9K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Di wilayah kelurahan Oekefan kecamatan Kota SoE kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tepatnya di antara wilayah RT 02 dan RT 04 kini ada satu unit embung yang dibangun oleh dinas Pekerjaan umum kabupaten TTS.
Embung Oekefan ini dibangun bersamaan dengan embung Mnelalete yang bermasalah dan sejumlah embung lain pada tahun 2016 lalu.
Soal munculnya embung ini kabarnya tidak melalui proses musyawarah perencanaan pembangunan kelurahan sehingga Lurah Oekefan, Musa D.J Missa berpendapat pembangunan Embung tersebut bukan berasal dari usulan warga juga di wilayahnya.
“Kami di Kelurahan Oekefan tidak butuh Embung, tapi tiba-tiba saja tim dari dinas PU Kabupaten TTS datang survei ya kami terima saja,” tutur Musa Missa Senin (23/9/2019) diruang kerjanya.
Lurah Musa mengatakan masyarakatnya yang lebih banyak berprofesi sebagai pedagang itu lebih membutuhkan pinjaman modal usaha daripada embung.
“Masyarakat Oekefan kan terdiri pedagang di Pasar Inpres sehingga yang mereka butuh modal pinjaman untuk usaha, bukan Embung. Jadi tidak pas kalau kasih kami embung,” tandas
Pantau media ini di lokasi Embung di Kelurahan Oekefan kedalaman air hanya setinggi lutut orang dewasa sehingga air tidak bisa mengalir melalui saluran yang dibanhun.
Arah saluran yang dibangun pun terkesan tidak jelas sasarannya karena tidak ada lahan usaha pertanian atau perkebunan disekitar lokasi  embung.
Yang terlihat Senin siang hanya beberapa orang  sedang memancing ikan yang menurut pengakuan warga dilepas oleh dinas peternakan sebanyak 450 ekor bibit ikan tahun 2017 lalu.
Menanggapi itu anggota DPRD TTS dari wilayah Oekefan, Religius Usfunan yang juga wakil ketua DPRD TTS mengatakan suatu program pembangunan yang muncul atau diadakan pemerintah prosesnya bukan hanya lewat aspirasi di musrenbang dari tingkat bawah saja atau perencanaan teknokratik tapi bisa juga lewat perencanaan politis yakni aspirasi yang disampaikan langsung masyarakat ke DPRD yang kemudiab dituangkan lewat pokok-pokok pikiran DPRD.
Setahu Usfunan, usulan Embung pernah diaspirasikan warga setempat sebelum Musa Missa menjabat lurah Oekefan.
Selain itu bisa saja usulan embung itu sudah diusul sebelum masa pak lurah sekarang. Sebelum saya DPRD juga aspirasi embung sudah ada,”kata Eggy Usfunan.
Ia tidak sependapat kalau keberadaan Embung tersebut dikatakan tidak bermanfaat karena pengamatan lnga saat ini Embung tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk memancing ikan.
“Sekarang tiap hari Minggu orang pancing. Sekarang ini memang debit air turun jadi ada bak dibawah yang tidak terisi air. Jadi tidak benar kalau pak Lurah bilang tidak ada manfaatnya atau mubazir. Dengan adanya Embung itu beberapa sumur disekitar Oekefan sudah ada airnya dan sumur-sumur itu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat disekitar embung itu,”katanya.(Pau)
_______________
Foto utama :  Embung Oekefan
__________
Foto 2: Musa Missa
_________________
Foto 3: Eggy Usfunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *