Dalam Area Bendungan Temef, Ada 640 Bidang Tanah Yang Dimiliki 298 Warga

oleh -1.5K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Pendataan Tim persiapan pengadaan lahan bedungan Temef Pemerintah daerah (Pemda) Timor Tegah Selatan (TTS) menyatakan area yang menjadi lokasi pembanvuna  bendungan Temef meliputi tiga desa dalam wilayah kecamatan Polen dan kecamatan Oenino. Ketiga desa tersebut yakni desa Oenino, Pene utara dan desa Konbaki.
Dalam wilayah ketiga desa tersebut terdata ada 640 bidang tanah dengan luasan  berbeda yang dikuasai oleh 298 warga yang saat pendataan dilakukan mengaku sebagai pemilik lahan.
Untuk desa Oenino terdapat 85 bidang dengan jumlah pemilik 63 warga, untuk desa Pene Utara ada 148  bidang dengan jumlah pemilik 65 orang dan untuk desa Konbaki ada 407 bidang dengan jumlah pemilik lahan sebanyak 170 orang.
“Maaf kami data sesuai identifikasi di lapangan dan masyarakat yang hadir,”demikian Jack Benu, kepala dinas PRKP kabupaten TTS selaku tim persiapan lahan.
Dijelaskan data tersebut yang kini dipegang oleh tim persiapan pengadaan lahan. Dan nantinya dari data tersebut baru dilakukan pengukuran oleh Badan Pertanahan Nasional untuk memastikan luasan pasti dari bidang-bidang tanah tersebut.
“Ini data oleh tim persiapan nanti BPN turun ukur baru tau finalnya kepemilikan dan luasan masing-masing pemilik lahan,”kata Jack Benu.
Soal nilai jual lahan tambah kadis Jack Benu akan ditentukan oleh tim Appraisal (penilai).
Untuk.diketahui lahan bendungan Temef ini sementara digugat ganti rugi oleh Fransiskus L.Mella sebesar Rp 312 miliar. Fransiskus menuntut ganti rugi karena lahan tersebut diklaim miliknya sesuai sejumlah bukti yang dipegang.
Persidangan gugatan ini akan dilanjutkan Selasa.pekan depan.(Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *