Hal Tak Biasa di Pelantikan Kasek di TTS, Diundang Tapi Tidak Dilantik

oleh -2K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Untuk kesekian kalinya, bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Egusem Piether Tahun dan wakilnya Jhony Army Konay menggelar mutasi pejabat dalam tahun pertama masa jabatan mereka. Setelah ditunda pada mutasi perdana di desa Fatumnutu kecamatan Polen beberapa bulan lalu, mutasi dan pelantikan jabatan kepala sekolah (kasek), SMP,SD dan TK akhirnya dilaksanakan, Senin (25/11/2019) di taman wisata Bu’at, usai upacara peringatan hari ulang tahun PGRI ke-74.
Namun ada hal tak biasa yang terjadi dalam pelantikan ini. Dimana ada Aparat Sipil Negara (ASN) yang sudah menerima undangan pelantikan namun dia tidak dilantik. Jumlah ASN yang menerima undangan pelantikan namun tidak dilantik kabarnya mencapai sekitar 20-an orang dan kebanyakan dari mereka adalah ASN yang ditetapkan menduduki jabatan kasek TK.
Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan (P dan K) kabupaten TTS, Eddy Sipa yang dikonfirmasi fakta-tts.com di lokasi pelantikan di taman wisata Bu’at membenarkan adanya penundaan pelantikan pejabat kasek disejumlah sekolah tersebut. “Iya ada yang dipending, SMP, SD dan TK, kebanyakan TK. Yang dilantik hari ini ada 178. TK ada 19 orang yang dipending,”kata Sipa yang mengakui hal tersebut adalah hak tak biasa karena biasanya yang diundang itu yang dilantik.
Ia mengatakan yang diusul ke bupati melalui BKPP kabupaten TTS untuk dittetapkan Baperjakat untuk mengisi jabatan kasek ada sekitar 200 orang. Diakui banyak jabatan kasek yang kosong karena pensiun dan habis masa jabatan kaseknya, empat tahun. “Usulan kita sampaikan masih jaman Paul Mella dan Obed Naitnoho sebagai bupati dan Wabup TTS. Kita usul seratus lebih orang, sekarang jni ada jabatan kasek yang fakum sudah lebih dari satu tahun,”katanya.
Eddy Sipa menambahkan penundaan pelantikan kasek sejumlah sekolah itu keputusan bupati. Pihaknya hanya mengirin undangan pelantikan ke ASN yang namanya ditetapkan sebagai kasek melalui Baperjakat.
“Kami di dinas hanya informasikan ke yang mau dilantik saja, undangan sudah disitribusi semua termasuk yang kasek TK ada hampir 200 undangan. Tapi kemudian pak bupati sampaikan kalau ada beberapa yang dipending. Soal alasan kenapa dipending tanya pak bupati saja,”katanya.(jmb)
_____________
Foto: suasana pelantikan di taman Bu’at

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *