Lagi, Warga TTS Diduga Keracunan Makanan, Setelah Kota SoE Susul Oebelo

oleh -1.5K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Rentetan kejadian dugaan keracunan makanan terjadi di dua tempat berbeda di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).
Setelah belasan warga Kota SoE Minggu (13/10/2019) siang dilarikan ke RSUD SoE kerena alami mual, muntah hebat usai konsumsi Bubur Ayam, pada hari yang sama enam warga desa Oebelo di kecamatan Amanuban Selatan juga alami hal yang sama usai makan bersama diacara pesta di desa Se’I kecamatan Kolbano, Minggu malam.

“Syalom selamat pagi Bapak, maaf Anak mengganggu Bapak pagi-pagi, ijin melaporkan Bapak, warga saya di Desa Oebelo kmrin dulu ke Sei untuk hadiri Acara Nikah, ternyata keracunan Bapak n sekrg 6 org semntara di rawat di Puskesmas, sdngkn yg lainnya semntara kami mau jemput lagi di Oebelo Bapak. Tepatnya di RK Hauteas Bapak,”demikian bupati TTS,.Eppy Tahun yang meneruskan informasi kepala desa Oebelo, Eustakeus Leonard, kepada fakta-tts.com Selasa (15/10/2019) pagi.

Kepala desa Eustakeus yang dihubungi fakta-tts.com pertelepon menyampaikan dari identifikasi sementara yang dilakukan ada delapan warganya yang sepulang pesta dari Sei alami mual, muntah dan sakit kepala. Dari delapan tersebut enamnya menjalani perawatan serius di puskesmas Panite sementara dua lainnya sudah kembali ke rumah. Diantara korban ada dua korban berusia anak-anak.
Enam warga yang masih dirawat yakni Nikanor Sopaba, Yunus Manes, Yulsin Manes, Taroci Sone, Rian Nesimnasi dan Yumina Asbanu.
Bupati Eppy Tahun, air bersih diduga sebagai penyebab dua kejadian tersebut.
Ia mengimbau agar masyarakat memperhatikan kebersihan air dalam mengolah makananda  minuman untuk dikonsumsi.

Pihaknya juga akan menghimbau kepada camat,lurah dan kepala desa agar jika ada masyarakat yang  membuat acara pesta maka menginformasikan ke puskesmas setempat untuk membantu memeriksa bahan makan dan air yang akan digunakan untuk konsumsi.
“Kita akan himbau lewat Camat & Desa jika ada anggota masyarakat yg mau acara pesta agar me Julaporkan ke Puskesmas supaya dibantu lewat patugas Sanitasi di Puskesmas/Dinkes,”katanya.(jmb)
________________
Foto: korban dugaan keracunan makanan di kota SoE saat jalani perawatan di RSUD SoE 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *