Pemda Selidiki Semburan Cairan & Asap di Netpala, Ahli Undana : “Itu Belerang”

oleh -1.6K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Kejadian semburan cairan kental berwarna kuning dan kepulan asap putih dari perut bumi di dusun II Fauana RT 9 RW 4 desa Netpala kecamatan Molo Utara kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menyisakan tanya tentang sebab munculnya fenomena alam tersebut. Warga kuatir munculnya cairan tersebut akan berujung sesuatu yang merugikan kehidupan sosial mereka.
Bupati TTS, Egusem Piether Tahun kepada fakta-tts.com, Rabu (3/7/2019) memastikan Pemda menyikapi fneomena tersebut dengan melakukan penelitian.
Lewat layanan WhatsApp (WA) bupati Eppy Tahun menyampaikan telah memerintahkan kadis Lingkungan hidup membentuk tim untuk menyelidiki semburan tersebut.
“Saya sudah WA ke kadis Lingkungan hidup, Tolong teliti semburan ini dari Aspek Lingkungan & kandungan apa saja yang ada di dalamnya,”kata Tahun.
 
Wakil bupati Army Konay juga menyampaikan informasi yang sama.”tadi malam sudah kirim orang BLHD untuk lihat dan ambil sampel disana,”kata Army.
Sehari sebelumnya Noni Banunaek, ahli geologi Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menyampaikan sedikit penjelasan terkait sumburan tersebut dari sisi ilmu geologi.
Kepada fakta-tts.com di SoE, Selasa (2/7/2019), alumni Institut Tekhnologi Bandung (ITB) ini mengatakan bisa dipastikan kalau semburan cairan tersebut adalah Sulfida, suatu anion anorganik dari belerang, yang keluar bercampur endapan lumpur dari dalam bumi.
Semburan cairan tersebut terjadi karena ada tekanan gas dari dalam bumi akibat adanya pergerakan lempengan bumi yang mendorong pergerakan endapan dan meterial lain ke permukaan bumi. Ini, kata Noni biasanya terjadi di lajur patahan bumi. Wilayah Molo kabupaten TTS berada dalam lajur patahan Australia ke Utara pulau Timor.
Secara teoritis pergerakan tersebut terjadi karena adanya gempa berskala kecil (dibawah 4 skalarigter) yang getarannya tidak dirasakan oleh masyarakat. (Jmb/hud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *