Pemda TTS Segera Terapkan  E-Planing dan E-Budgeting

oleh -1.4K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Pemeirntah daerah (Pemda) Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana menerapkan sistim penganggaran program pembangunan secara digital yang dinamakan Sistim EPlanning dan EBudgeting.
Sistem ini menggunakan aplikasi teknologi. Dimana yang tadinya penyusunan sebuah program dan anggaran dilakukan secara konvensional, diganti dengan sebuah sistim teknologi informasi yang dapat diakses secara luas.
Sekretaris Bappeda kabupaten TTS, Johanis Benu kepada fakta-tts.com, Rabu (11/9/2019) mengatakan sistim tersebut akan diterapkan di tahun 2020 mendatang. Saat ini Pemda sementara menyiapkan sistimnya. “Kami rencana Tahun 2020 sudah diberlakukan,”katanya.
Dikatakan sistim itu digunakan sebagai suatu upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan visi misi soal transparansi pelaksanaan anggaran. “Dengan sistim ini semua bisa akses, masyarakat bisa tahu langsung program anggaran apa saja yang dilakukan Pemda dalam setiap tahun anggaran,”katanya.
Dengan sistim itu pula kata Johanis Benu dijamin program usulan masyarakat lewat Musrenbang desa yang masuk prioritas pertama akan terakomodir dalam pembahasan anggaran ditingkat kabupaten. “Semua usulan dari bawah yang masuk P1 (prioritas satu) pasti terakomodir karena perencanaannya sudah bersistim digital dan tak bisa diutak-atik saat pembahasan ditingkat atas,”katanya.
 
Ketua Fraksi Golkar DPRD TTS Ruba Banunaek menyatakan mendukung penuh rencana pemkab TTS dalam menerapkan sistim tersebut karena sesuai dengan semangat pelaksanaan Good Govermens yang bermuara pada Transparansi, akuntabilitas dan partisipatif.
 
Ia menambahkan yang perlu di perhatikan pemerintah adalah system dan sofware yang akan dipakai agar sesuai teruji dan dapat dipertanggungjawabkan karena tujuan dari e-planing adalah agar sytem perencanaan yg di lakukan terintegrasi mulai dari perencanaan, pengelolaan sampai pada pelaksanaan anggaran. (Jmb)
__________________
Foto: Johanis Benu – Ruba Banunaek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *