Sejak 2015 Keuangan Tubuhue Tak Pernah Diperiksa Inspektorat

oleh -1.9K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Inspektorat kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), sejak tahun 2015 tidak melakukan pemeriksaan reguler terhadap pengelolaan keuangan desa Tubuhue kecamatan Amanuban barat. Pemeriksaan terakhir dilakukan dalam tahun 2014.

Tak hanya Tubuhue ada juga sejumlah desa lain di kabupaten TTS. Meski pemeriksaan itu harus dilakukan namun
tidak bisa dilakukan karena persoalan ketersediaan Auditor atau tenaga pemeriksa. Auditor insepktorat TTS hanya 8 orang dari idealnya 28 orang.
Demikian disampaikan Jakobis Nahas, inspektur kabuapaten TTS, Selasa (9/7/2019) di ruang kerjanya.
Ia mengatakan itu ketika ditanya soal pemeriksaan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) soal persoalan Dana desa Tubuhue yang dilaporkan Araksi ke Kejari TTS beberapa waktu sebelumnya.
Ia menjelaskan pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan desa Tubuhue baru dilakukan Juli 2019 ini menyusul adanya pengaduan yang disampaikan Araksi TTS ke Kejari TTS. Meski pemeriksaan baru dilakukan namun pemeriksaan tersebut bukan pemeriksaan khusus karena ada pengaduan tersebut namun pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan reguler.
“Pemeriksaan yang kita lakukan untuk Tubuhue itu adalah pemeriksaan reguler. Selain desa Tubuhue ada juga desa lain yang kita sementara rampungkan pemeriksaannya. Salah satunya desa Sono,”kata Jakobis Nahas.
Pemeriksaan tersebut dipastikan akan dirampungkan dalam bentuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dalam bulan ini. Setelah diselesaikan, LHP tersebut akan diekspos baru diserahkan ke Kejari TTS jika diminta langsung oleh Kejari TTS ke bupati TTS.
“Kalau pihak Kejari memerlukan LHP itu untuk keperluan proses hukum maka itu harus diajukan permintaan resmi ke bupati,”katanya. (Jmb)
_______________
Foto: Jakobis Nahas,SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *