Ujian SIM Polres TTS, Kasat Wastoro: “Ditanya Boleh Bonceng Tiga, Dijawab Boleh”

oleh -3.8K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Hari pertama Kepengurusan SIM gratis di Mapolres TTS ada 180 warga yang lolos pendaftaran dan mengikuti rangkaian ujian atau test untuk mendapatkan SIM. ujian Teori, Simulator dan praktik berkendara adalah tahapan yang harus dilalui pendaftar disamping syarat lain.
Dari 180 orang yang berhasil lolos pendaftaran hanya 11 orang yang akhirnya lulus dan mendapatkan SIM untuk kendaraan roda dua maupun empat.
Kasatlantas Polres TTS Wastoro kepada fakta-tts.com di ruang kerjanya Selasa (2/7/2019) mengatakan kebanyakan pendaftar tidak lolos pada tahap uji teori.
“Paling banyak tidak lolos di teori. Misalnya ada pertanyaan apakah dibolehkan berkendara tiga orang ada yang jawab boleh.
Terus ada juga yang lambat membaca soal sehingga soal tidak terisi, disini kita harus bisa baca cepat karena pakai waktu. Kalau lambat membaca maka kita tidak bisa baca soal sampai tuntas. Waktu pergantian soal cepat singkat sekali jadi harus cepat membacanya,”kata Wastoro.
Bagi yang tidak lolos uji kata Wastoro bisa mengikuti ujian lagi untuk mendapatkan SIM. Hanya saja saat ujian ulang itu nanti dikenakan pembayaran Pendapatan Negara Diluar Pajak (PNBP). Itupun kalau namanya masih terdaftar di sistim.
Terkait masalah banyak yang tidak lolos ujian materi tersebut kasat Wastoro mengatakan perlu memperbanyak sosialisasi tentang aturan berlalulintas kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih tahu soal hak dan kewajibannya saat berkendara di jalan umum.
“Perlu banyak sosialisasi ke masyarakat soal aturan berlalulintas,”katanya. (Jmb)
_____________________
Foto: Wastoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *