APBD TTS Terpangkas Lagi Rp 159 M Untuk Covid-19

oleh -1.8K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi NTT Tahun Anggaran (TA) 2020 dipastikan terpangkas lagi untuk pembiayaan penanganan covid-19.
Ada sekitar Rp 159 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang akan dirasionalisasikan untuk kepentingan penanganan covid-19 tersebut.
Sebelumnya APBD TTS juga sudah dipangkas Rp 33,5 miliar untuk urusan yang sama. Jumlah APBD TTS tahun 2020 ini kata Bupati Egusem Piether ‘Eppy’ Tahun,ST,MM sebesar Rp 1,5 triliun.
Bupati Eppy Tahun didampingi kepala dinas PKAD Dra. Isterina Banfatin menyampaikan pemotongan itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor: 35/PMK.07/2020 tentang penyesuaian kembali dana desa dan transfer daerah yang baru diterbitkan.
“Kita Akan rasionalisasi anggaran lagi untuk penanganan covid-19. DAK dan DAU yang dipotong. totalnya sekitar Rp 159 miliar lebih. jadi kalau dengan sebelumnya yang Rp 33,5 miliar itu maka kurang lebih ada Rp 193 miliar atau hampir Rp 200 miliar yang digunakan untuk penanganan covid-19 inj,”kata bupati Eppy Tahun di kantor bupati TTS, Selasa (21/4/2020).
Isterina Banfatin menambahkan untuk dana DAU yang dipotong sebesar Rp 87,6 M dan DAK Rp 72,8 miliar dan Dana desa Rp 2,8 miliar, ini diluar yang Rp 33,5 miliar itu,”katanya.
Dikatakan kadis Isterina Banfatin pemotongan DAU dan DAK tersebut untuk semua bidang pembangunan kecuali bidang kesehatan.
“Kali ini tidak termasuk kesehatan. Untuk pendidikan juga terpotong,”katanya.
Ia merincikan bidang pembangunan yang dianggarkan dari DAK yang terkena pemootngan yakni infrastruktur jalan, infrastruktur irigasi, air minum sanitasi, Kalautan dan perikanan, bidang pertanian, bantuan operasional KB, transportasi pedesaan, perumahan rakyat dan kesejahteraan, pelayanan administrasi kependudukan, pariwisata, sosial, dan dana penyesuaian dana desa. Sementara untuk DAU yakni bidang formula dan P3K.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *