Dinkes Tolak SKTM Pasien Asal Tuasene, Wabup : “Kalau Nota Dinas Ditolak, Saya Bayar”

oleh -5.7K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Bidang pelayanan kesehatan (Yankes) dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menolak mengesahkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diterbitkan pemerintah desa Tuasene kecamatan Molo Selatan untuk Erice Yohana Hello yang tengah di rawat di RSUD SoE.
Suami Erice, Jefri Adoe dan salah satu keluarganya kepada fakta-tts.com di dinas kesehatan TTS, Selasa (5/5/2020) pagi menyampaikan sudah dua hari ia mendatangi dinas kesehatan untuk memperoleh pengesahan SKTM dari bidang Yankes namun selalu ditolak dengan alasan yang bersangkutan adalah tenaga honorer.
“Dinas tolak tidak mau sahkan karena bilang status honor. Isteri saya honor komite di SMP Negeri 1 Molo selatan, tiga bulan baru terima gaji Rp 1 juta, di desa tahu kondisi kami bagaimana, tinggal saja masih di rumah mertua,”katanya.
Disampaikan ia dan salah seorang petugas perempuan di bidang Yankes sempat bertengkar soal pengesahan tersebut. “Kami bertengkar, saya bilang kalau begini saya sampaikan di wartawan , ibu ini bilang mau lapor dimana lapor saja,”kata Is Aploegi, saudara Jefri.
Saat Is Aploegi menyampaikan keluhannya kepada wartawan, tiba-tiba muncul wakil bupati TTS, Jhony Army Konay yang ingin memantau posko covid-19 kabupaten TTS, di dinas kesehatan.
Wabup Army langsung menanyakan kepada Is soal hal yang didiskusikan dengan wartawan.
Setelah mendengar penjelasan Is, Wabup Army langsung meminta berkas dari Is dan menuju ruang bidang Yankes. Disana Wabup Army bertemu dengan Petugas Cristiven Purumbawa. Cristiven juga tidak bisa memproses pengesahan SKTM tersebut karena bukan tugasnya.
Wabup Army kemudian membuat nota dinas untuk RSUD SoE untuk proses pelayanan kesehatan pasien tersebut.
“Kalau nota dinas saya ini tidak mempan, tidak bisa dipakai, kasih tahu saya, nanti biar saya bayar biaya rumah sakitnya,”kata Wabup Army.
Jefri kemudian membawa nota dinas tersebut ke RSUD SoE. Hingga berita ini diturunkan belum diperoleh konfirmasi dari pihak RSUD SoE. Jefri mengaku ke Wabup Army kalau isterinya tidak memiliki kartu jaminan kesehatan apapun.
Jefri mengatakan isterinya adalah pasien rujukan dari puskesmas Siso Kamis pekan kemarin karena menderita sakit komplikasi lambung dan ginjal.
Kadis kesehatan dr. Eirene Ate yang dihubungi pertelepon untuk diminta konfirmasi terkait ini, tidak merespon panggilan telepon fakta-tts.com. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *