Pasien RSUD SoE Yang SKTM-nya Sempat Ditolak Dinkes, Akhirnya Dapat Layanan Jamkesda

oleh -3.6K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Erice Yohana Hello, pasien RSUD SoE dari desa Tuasene kecamatan Molo Selatan yang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)-nya sempat ditolak pengesahannya oleh Bidang pelayanan kesehatan (Yankes) dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), akhirnya mendapat layanan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dalam perawatannya di RSUD SoE.
Pasien Erice sudah keluar dari RSUD SoE, Selasa (5/5/2020) siang setalah dirawat sejak Jumat pekan kemarin. “Pasien sudah pulang tadi. Ternyata tadi rekomendasi (SKTM dari Dinkes) langsung keluar jadi administrasi sudah tidak ada masalah, sebelumnha Pasien sudah di layani tanpa surat-surat tersebut
Karena prinsip kami layani dulu suratnya nanti,”ungkap direktur RSUD SoE, dr. Ria Tahun, yang dihubungi fakta-tts.com, Selasa malam.
Proses pengesahan SKTM Erice di dinas kesehatan sempat jadi masalah karena saat dibawa oleh Jefri Adoe, suami Erice ke bidang Yankes Dinkes, Selasa pagi untuk disahkan, sempat ditolak oleh petugas di bidang Yankes. Petugas di bidang Yankes menolak menerbitkan rekomendasi pengesahan SKTM tersebut karena status Erice sebagai honorer bergaji Rp 250.000/bulan tidak dilampirkan dalam berkas permohonan pengesahan SKTM.
Munculnya Wabup TTS, Jhoni Army Konay di Dinkes seakan mengurai persoalan yang dihadapi Jefri dalam proses pengesahan SKTM isterinya di Dinkes.
Nota dinas Wabup Army Konay yang dibawa Jefry Adoe ke RSUD SoE, ditindaklanjuti RSUD SoE yang kemudian berkoordinasi dengan Dinkes. Pihak Dinkes kemudian mengharuskan Jefri mendapatkan surat keterangan sebagai honorer di SMP Negeri 1 Molo selatan.
Pihak dinas P dan K yang dihubungi Wabup Army kemudian menerbitkan surat keterangan tersebut dan Jefri kemudian menyertakannya dalam berkas pengesahan SKTM isterinya ke dinkes.
Setelah mendapatkan rekomendasi Dinkes , Jefry menyerahkan SKTM isterinya ke RSUD dan akhirnya Erice, isterinya bisa mendapat layanan Jamkesda di RSUD SoE. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *