Penanganan Covid-19 di TTS, Waket DPRD Temukan Hal Ini di Batas TTS-TTU

oleh -2.9K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD Timor Tengah Selatan (TTS) telah menetapkan alokasi APBD TTS untuk penanganan virus Corona (Covid -19) sebesar Rp 33,5 miliar akhir pekan kemarin.
Pasca penetapan anggaran dan pembentukan gugus tugas penanganan covid-19 pemkab TTS tersebut Wakil ketua I DPRD TTS, Religius ‘Eggy’ Usfunan kemudian melakukan pemantauan lapangan soal aktifitas penanganan gugus tugas pemerintah di kecamatan Polen, batas wilayah kabupaten TTS dan TTU,Selasa (7/4/2020) siang.
Sekitar pukul 14.52 wita, Eggy menyampaikan sedikit soal hasil pantauannya di kecamatan Polen.
Lewat layanan WhatsApp, Eggy menyampaikan kalau ia kecewa setelah melihat kondisi penanganan pemerintah di titik tersebut.
Syalom,hasil pemantauan waket DPRD TTS hari ini ke pintu masuk polen,
1.Hari ini tidak ada aktifitas (penyemprotan atau pun rapid tes pada orang orag yang masuk dari kefa,Belu,Malaka bahkan dari Timor Leste)oleh tim sub gugus tugas kec polen di pintu masuk perbatasan TTS dan TTU
2.Camat selaku ketua sih gugus tugas blm mendapatkan SK sub gugus tugas dan urain tugas dari sub gugus tugas.
3.Pada beberapa hari yg lalu oleh camat,Kapolsek,Danramil dan dari puskesmas memang melakukan penyemprotan desinfektan tapi tidak secara rutin.
4.Belum ada pembagian alat pelindung diri dari gugus tugas kab ke sub gugus tugas kec polen.
5.Belum ada surat resmi dari bupati soal pembentukan posko covid desa dan  rasionalisasi anggaran dana desa utk covid
Terhadap hal ini maka selaku wakil ketua DPRD TTS sangat menyesalkan lambatnya dan kurang koordinasinya pemerintah utk pencegahan penyebaran virus Corona melalui pintu masuk kabupaten TTS bagian timur di polen,sebagai wakil rakyat kami mendoron pemerintah daerah terutama gugus tugas kab utk bergerak cepat menjaga dan mensterilkan daerah ini dari covid dgn salah satunya adalah menjaga dgn ketat pintu masuk keluar kabupaten,”demikian WhatsApp Eggys Usfunan.
Kadis komunikasi dan informatika kabuoaten TTS, Denny Nubatonis, Jubir gugus tugas pemkab TTS, yang dikonformisa pertelepon mengatakan untuk titik batas Polen pada Selasa hari ini adalah tugas dari tim dinas perhubungan namun setahu kadis Denny tim dishub masih menunaikan penugasan di wilayah selatan sehingga ia perlu mengkonfirmasi tim dishub TTS terkait pelaksanaan penanganan di Polen.
Ia menambahkan pada Rabu besok baru pihaknya akan melaksanakan rapat dengan gugus tugas posko penanganan untuk memastikan jadwal dan agenda tugas penanganan dari masing-masing posko.
Rincian Alokasi Anggaran Covid-19 
Informasi yang diperoleh fakta-tts.com, rincian alokasi anggaran Rp 33,5 miliar tersebut yakni untuk operasional dinas kesehatan sebesar Rp 14,5 miliar, Operasional RSUD SoE Rp 2 miliar, operasional BPBD dan dana cadang sebesar Rp 2 miliar, penanganan dampak ekonomi sebesar Rp 13,8 miliar, peralatan telekonfrens Rp 50 juta,  operasional polres TTS Rp 500 juta, operasional Kodim 1621/TTS Rp 300 juta, operasional Kejari TTS Rp 100 juta, operasional Pengadilan negeri SoE Rp 100 juta dan operasional Satpol PP TTS Rp 100 juta. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *