Penggunaan Dana Covid-19 di TTS, Kadis Kesehatan : “Kami Belanja Banyak, Sudah Berproses”

oleh -2.9K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) adalah instansi yang mendapat alokasi anggaran penanganan covid-19 paling besar dari APBD Timor Tengah Selatan (TTS) dibanding sejumlah intsnasi lain . Dari alokasi awal Rp 33,5 miliar, dinkes mendapat Rp 14,5 miliar.

Kepala Dinkes TTS, dr. Eirene Ate, kepada fakta-tts.com, Jumat (29/5/2020) di sela-sela Louncing pembagian dana BLT dana desa tingkat kabupaten TTS di kantor desa Kesetnana, Molo selatan menyampaikan pihaknya sudah memasukan Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) ke pemkab TTS dan kini pihaknya mulai membelanjakan anggaran tersebut untuk penanganan covid-19.
Sebelum dibelanjakan pihaknya menyiapkan rencana kebutuhan berdasarkan analisa epidemologi baru kemudian menyampaikan usulan belanja secara bertahap sesuai kebutuhan kepada pemkab TTS.
“Uangnya ada di kas daerah, kita mau belanja kita ajukan ke bupati dulu disetujui baru belanja, kita belanja banyak, sedang berproses,”katanya.
Yang dibelanja kata kadis Eirene berupa alat kesehatan dan logistik lainnya seperti APD dan kebutuhan lainnya. “Yang dibelanjakan itu alat kesehatan, logistik, APD berupa masker baju hazmat dan lainnya. Saya tidak ingat persis berapa yang kita belanjakan, belanja tidak sekaligus,”katanya.
Pengadaan APD dan jenis kebutuhan lain untuk penanganan Covid tersebut dikatakan tidak melalui mekanisme tender umum, speerti program kegiatan lainnya.
Hasil pembahasan BANGGAR dan TAPD Instansi yang mendapat alokasi anggaran tersebut yakni untuk operasional dinas kesehatan sebesar Rp 14,5 miliar, Operasional RSUD SoE Rp 2 miliar, operasional BPBD dan dana cadang sebesar Rp 2 miliar, penanganan dampak ekonomi sebesar Rp 13,8 miliar, peralatan telekonfrens Rp 50 juta,  operasional polres TTS Rp 500 juta, operasional Kodim 1621/TTS Rp 300 juta, operasional Kejari TTS Rp 100 juta, operasional Pengadilan negeri SoE Rp 100 juta dan operasional Satpol PP TTS Rp 100 juta. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *