Ruang Tambahan Puskesmas Binaus Dibangun Pakai Dana Kapitasi, Belum Selesai

oleh -2.6K views

Binaus, fakta-tts.com – Ada yang terlihat janggal dari salah satu bangunan Puskesmas Binaus kecamatan Molo tengah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Puskesmas ini tampak memiliki dua bangunan yang satu berwarna putih dan satunya berwarna hijau. Disamping kanan bangunan bercat hijau ada satu ruangan lagi. Yang janggal terlihat pada ruang tambahan berwarna hijau tersebut.
Senin (27/1/2020) pagi kondisi ruangan tambahan ini kelihatan belum lengkap karena ada enam jendela disisi kanan dan depan ruangan yang tidak Bertutup. Lubang jendela tampak kosong tak ada kaca. Tembok sisi kanan bangunan juga tidak bercat seperti disisi depan. Selain itu lantai bangunan ini juga tidak Berkeramik seperti bangunan yang berwarna putih. Sisi luar fondasi bangunan juga tidak diplester seperti bangunan satunya. Sementara aktifitas sudah terlihat disalah satu ruangan bangunan berwarna hijau itu. Di ruang tambahan ini belum ada fasilitas apapun sehingga tidak ada aktifitas. Ruangan masih kosong.
Kepala puskesmas, Elsy Ataupah yang dikonfirmasi mengatakan ruang tambahan tersebut dibangun untuk menunjang pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut. Namun anggaran pembangunannya pakai dana kapitasi. ruang tambahan itu mulai dibangun tahun 2018 lalu.
“Ini kami kerja pakai dana kapitasi bukan tender jadi kami kerja bertahap karena tunggu dana kapitasi ada baru kerja,”katanya.
Dijelaskan bangunan tambahan Puskesmas tersebut tidak bisa gunakan anggaran dari kementerian karena belum  terregistrasi di kementerian. Registrasi sementara dalam proses. “Puskesmas ini belum terdaftar sehingga tidak bisa dapat bantuan anggaran. Kami lagi berproses soal registrasi itu,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *