Warga Tak Mau Dilayani di Puskesmas Noemuke, Benarkah ?

oleh -2.9K views
Noemuke, fakta-tts.com – Kunjungan anggota DORD Timor Tengah Selatan (TTS), provinsi NTT yang tergabung dalam Panitia khusus (Pansus) LKPj bupati TTS tahun 2019 menemukan fakta menarik di puskesmas Noemuke kecamatan Amanuban Selatan.
Enny Lusi pejabat dari dinas kesehatan kabupaten TTS menyampaikan kepada Marcu Buana Mbau, Marten Tualaka, Uksam Selan, Askenas Afi, Semmy Sanam, Jean Neonufa, Lusianus Tusalak, Ruba Banunaek, Abe Hoti, Thomas Lopo, Maksi Lian, Piter Kefi, Matheos Lakapu, Melianus Bana dan Lorens Jehau bahwa dari empat desa yang menjadi wilayah pelayanan Puskesmas terssbut hanya satu desa yakni Noemuke yang mau mendatangi puskesmas tersebut untuk mendapat pelayanan kesehatan. “Hanya warga satu desa yang mau datang mendapat pelayanan di puskesmas ini. tiga desa lain lebih memilih ke Puskesmas Panite meski transportasinya lebih jauh,”kata Enny kepada Pansus. Enny didamping camat Amanuban Selatan Jhon Asbanu dan beberapa pegawai Puskesmas.
Enny mengatakan isu yang berkembang warga desa Oekiu, Naib dan Kiubaat tak mau ke Puskesmas tersebut karena alasan sejarah wilayah. “Bilangnya karena sejarah wilayah atau apa sehingga mereka tak mau kesini dan lebih milih ke Puskesmas Panite,”katanya.
Hendrik Babbys, dewan asal wilayah tersebut mengatakan isu itu hanya sengaja disebar oleh pihak tertentu karena soal jatah pembagian dana kapitasi bagi puskesmas. Semakin banyak pasien maka jumlah dana kapitasi akan lebih besar.
Hendrik tidak sependapat kalau persoalan sejarah penguasaan wilayah jaman dulu antara dua marga besar di wilayah itu menjadi alasan masyarakat tiga desa dimaksud tak mau mendatangi puskesmas Noemuke untuk memperoleh layanan kesehatan.
Pihak puskesmas belum berhasil dikonfirmasi soal jumlah pasien yang mendapat layanan di puskesmas itu dalam beberapa waktu terakhir.
Puskesmas Noemuke baru di bangun tahun 2018 kemarin dan merupakan salah satu puskesmas rawat inap yang didukung fasilitas lengkap.
Pelayanan kesehatan puskesmas Noemuke meliputi kesehatan umum, Ibu dan anak, pelayanan kesehatan anak dan imunisasi, gigi dan mulut, laboratorium, konsultasi gizi, klinik sanitasi, UGD, farmasi, promosi kesehatan dalam gedung, persalinan dan khusus imunisasi. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *