Kades Kaeneno Libatkan Sarjana di Desa Dalam Pembangunan  Desa

oleh -2.6K views
Kota SoE, fakta-tts.com-
Desa Kaeneno Kecamatan Fautmolo Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS),NTT adalah salah satu dari sekian dlbanyak desa di Kabupaten TTS yang memanfaatkan sarjana di desanya untuk terlibat dalam pembangunan desa.
Kades Kaebeno Gusty Fallo kepada media ini di sela-sela rapat koordinasi Program Inovasi Desa di aulah Mutis kantor bupati TTS Jumat (6/12/2019) menuturkan keinginannya untuk melibatkan 7 orang sarjana yang baru diwisuda dari perguruan tinggi di Kupang untuk terlibat langsung dalam pembangunan desa berdasarkan latar belakang pendidikan mereka.
“Baru-baru ada tujuh orang sarjana asal desa Kaeneno yang baru diwisuda. Saya sudah komunikasi dengan mereka untuk terlibat dalam pengelolaan dana desa berdasarkan latar belakang pendidikan mereka,”tutur Kades Gusty.
Ke 6 orang sarjana tersebut kata Gusty terdiru dari 3 orang sarjana pertanian, 2 orang sarjana pariwisata dan 1 orang perawat.
“Mereka (6 oran sarjana) akan kita manfaatkan untuk terlibat dalam pengelolaan dana desa. Dan sudah satu orang yang saat ini bantu kerja aplikasi sistem keuangan desa,”Kades Gusty
Untuk tiga orang sarjana pertanian lanjut Kades Gusty akan melaksanakan kajian pengembangan lahan tidur, pemutakhiran data kemiskinan desa. Dari hasil kajian tersebut akan digunakan untuk hutan makanan ternak (HMT).
Dua orang dari sarjana pariwisata akan dimanfaatkan keilmuan mereka untuk pengembangan situs pariwisata lokal seperti Goa Auni yang ada di desa Kaeneno.
Sementara untuk sarjana keperawatan akan ditempatkan di Posyandu Desa Kaeneno yang saat ini belum ada petugas kesehatan yang dibiayai dari dana desa. Namun sarjana keperawatan tersebut saat ini masih mengikuti program Ners dan jika sudah selesai akan difungsikan sebagai petugas kesehatan desa Kaeneno.(Pau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *