Yudi Selan, Terus Bergerak Susuri Kampung, Swadaya Perangi Covid-19

oleh -1.9K views
Mnelalete, fakta-tts.com – Banyak pihak yang telah menunjukan empati terhadap kondisi masyarakat dalam menghadapi ancaman penyebaran Corona virus disease 2019 (covid-19). Ramai-ramai bergerak, secara pribadi maupun kelompok membantu pemerintah menangkal penyebaran covid-19 dengan berbagai cara, membagikan Alat Pelindung Diri (APD), melakukan penyemprotan disinfektan ataupun cara lain.
Di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Yudi Arifus Selan, ada diantara sekian banyak pribadi yang menunjukan kepeduliannya membantu pemerintah dalam upaya menghindarkan masyarakat dari pandemi covid-19.
Yudi adalah anggota DPRD kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dari fraksi Demokrat. Periode ini adalah periode kedua bagi Yudi yang dulunya adalah petani sayur di desa Mnelalete kecamatan Amanuban barat. Kedekatan Yudi dengan sesama di lingkungan masyarakat sudah terlihat sejak ia masih sebagai petani. Bersama dengan sejumlah warga sekampung, sebelum menjadi anggota Dewan, Yudi mengolah lahan untuk bercocok tanam. Kiprahnya bercocok tanam bersama warga lain ini rupanya menanamkan rasa kebersamaan dan sepenanggungan dalam menghadapi kondisi yang terjadi.
Pandemi Covid-19 seakan kembali menegaskan soal kepribadian Fus, sapaan Yudi Selan tentang rasa kepedulian dan kebersamaannya dengan sesama.
Sejak Maret lalu, sudah lebih dari sebulan ini, waktu luang dari kesibukannya sebagai wakil rakyat, Fus bergerak menyusuri jalan desa menyinggahi fasilitas umum maupun rumah penduduk melakukan aksi nyata memerangi penyebaran covid-19 di sejumlah desa di kecamatan Amanuban barat.
Penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasikitas umum, pembagian APD berupa masker kepada masyarakat, sosialisasi pencegahan covid-19 adalah sejumlah cara atau bentuk kepedulian nyata dari Fus Selan dalam membantu pemerintah maupun masyarakat dalam penanganan pandemi covid-19. Dalam mewujudkan empatinya terhadap kondisi ini, Fus dibantu beberapa oknum pemuda desa setempat yang diberi nama pemuda Demokrat. “Saya juga masyarakat, persoalan yang dihadapi masyarakat, itu persoalan saya juga dan saya bertanggungjawab juga untuk mengatasi persoalan yang ada. Ini soal rasa kemanusiaan saja,”katanya singkat saat bertemu fakta-tts.com di sela-sela aksi penyemprotan dan pembagian masker kepada warga di RT 24 RW 08 desa Mnelalete,Sabtu (18/4/2020).
Sekolah, pasar desa, pangkalan ojek, gereja dan rumah penduduk adalah tempat-tempat yang sudah disasar Fus dan pemuda demokrta Mnelalete.
Fus tak mau berkomentar banyak ketika ditanya soal berapa banyak biaya yang sudah dihabiskan untuk aksi yang dilakukan itu. “Tak penting untuk bicara itu, yang penting saya merasa harus berbuat sesuatu untuk bantu pemerintah dan masyarakat. Ini swadaya saya,”kata Fus Selan, pemilik lokasi foto taman payung Mnelalete yang viral di media sosial (medsos) ini.
Ia mengatakan akan terus bergerak membantu pemerintah dan masyarakat semampu dia dalam memerangi pandemi covid-19 di wilayahnya. (Red/jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *