Sanitas 1.267 KK, 185 Rumah dan Air Bersih 2 IKK di Kabupaten TTS Sedikit Lagi Rampung

oleh -752 views
Kota SoE, fakta-tts.com – Pemerintah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun ini mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) cadangan dari pemerintah pusat sebesar Rp 19 miliar lebih. Tekhnis pengelolaan dana itu ada pada Dinas Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (PRKP).
Kepala dinas PRKP kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Jack Benu kepada fakta-tts.com di kantornya, Selasa (8/12/2020) mengatakan pemanfaatab dana itu baru dilakukan di awal tri wulan empat tahun ini atau Oktober kemarin namun hingga akhir pekan kemarin realisasinya sudah mencapai 70 persen. “Sedikit lagi selesai dan kami optimis akan rampung 100 persen dalam sisa waktu yang ada,”ujarnya.
Dijelaskan alokasi DAK cadangan tersebut dimanfaatkan untuk tiga item program kegiatan yakni bidang air minum, perumahan dan sanitasi.
Untuk bidang kegiatan perumahan kata kadis Jack ada 185 KK tersebar di 10 desa yang dibangun rumahnya menggunakan dana itu. untuk Sanitasi ada 1.267 KK di 25 desa sebagai penerima program. Untuk dua item ini kata Jack dikelola langsung oleh kelompok masyarakat dengan sistim pemberdayaan. Pihak dinas hanya mengawasi tekhnis pelaksanaan di lapangan.
Sementara untuk bidang air minum dilakukan jaringan air bersih  yang berlokasi di IKK Molo barat dan IKK Fatukopa. Untuk item ini pelaksanaan fisik dilakukan secara kontraktual.
Proses pelaksanaan memang baru di tri Wulan 4 tapi kami optimis selesai karena selain gunakan fasilitator dan pengawasan dinas, kami juga telah bekerjasama dengan Dandim 1621/TTS dimana semua lokasi didampingi oleh para Babinsa,”kata Jack Benu didampingi Kabid cipta karya Rudolof Mallo.
Dari pantauan lokasi yang rutin dilakukan kata Jack Benu partisipasi masyrakat di program pemberdayaan cukup baik sehingga dirasa program tersebut cukup membantu masyarakat di masa pandemi covid-19. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *