Warga Basmuti Terima Anugerah Kebudayaan Indonesia 2020 Karena  ‘Veku’

oleh -2.7K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Simon Bana, lelaki paruh baya asal desa Basmuti Kuanfatu kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tak menyangka kalau kemahirannya membuat dan meniup Veku (alat musik tradisional) akan diakui sebagai potensi kebudayaan oleh pemerintah pusat.
Menteri Pendidikan dan kebudayaan memberikan Pin emas, piagam penghargaan, hadiah uang Rp 50 juta dan dana pembinaan rutin tahunan bagi Simon Bana atas karya dan kemahirannya itu dalam program Anugera Kebudayaan Indonesia 2020.
Tahun ini ada 8 orang se-Indonesia termasuk Simon Bana yang mendapat anugerah kebudayaan tersebut.
Penyerahan sejumlah penghargaan tersebut diserahkan Kepala Pokja Apresiasi Kebudayaan Kemen Dikbud RI kepada
Simon  Bana di rumah jabatan Bupati TTS, Kamis (10/12/2020). Simon didampingi Bupati Egusem Piether ‘Eppy’ Tahun,ST,MM dan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten TTS, Seperius Eddy Sipa.
Mewakili pemerintah dan masyarakat kabupaten TTS, Bupati Eppy Tahun menyampaikan terimakasih kepada Medikbud dan jajaran atas perhatian dan penghargaannya terhadap kebudayaan masyarakat TTS itu.
Ia berharap apa yang dialami Simon Bana bisa menjadi motivasi bagi masyarakat lain untuk tetap berkarya dan melestarikan budaya daerah karena pemerintah punya atensi besar terhadap kebudayaan daerah.
Simon Bana juga mendapat perhatian dari Pemda TTS karena pada kesempatan tersebut Bupati Eppy Tahun mengatakan Pemda akan memperbaiki kondisi rumah, air dan listrik dari Simon Bana di Basmuti.
Simon diberi kesempatan memainkan alat musik Beku usai penyerahan penghargaan tersebut.
(Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *