Bekicot Serang Padi Petani di Bena

oleh -1.5K views

Bena,Fakta TTS-Tanaman padi sawah milik sejumlah petani di desa Bena kecamatan Amanuban selatan kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Terancam gagal tanam karena daun padi gundul dimakan Bekicot setelah padi berumur sekitar tiga minggu.

 
Arnolus Asbanu, salah seorang petani di dusun Kobenunu kepada Fakta TTS, Sabtu (3/2/2018) mengatakan tanaman padi dalam tiga hektare (ha) lahan miliknya gundul karena diserbu ribuan Bekicot tiga minggu kemudian setelah padi ditanam.
 
Ia bersama petani lainnya melakukan pemusnahan dengan memungut dan mengumpulkan bekicot-bekicot kemudian dihancurkan dan dibakar namun beberapa hari kemudian bekicot muncul lagi. Mereka menduga Bekicot-bekicot tersebut berasal dari telur berwarna merah muda yang menempel di daun rumput yang tumbuh di pematang sawah.
“Kita kumpul pukul kasi hancur baru bakar tapi nanti satu dua hari muncul lagi. Kayaknya keong (bekicot) ini berasal dari itu telur warna merah yang menempel di daun rumput,”katanya.
 
Kejadian tersebut kata Arnolus belum dilaporkan ke petugas pertanian setempat karena masih menunggu upaya penanganan darurat yang dilakukan dengan cara kumpul, hancurkan dan bakar. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *