Poktan Ora Et Labora, Buat Irigasi Oe’Ki Jadi Permanen

oleh -1.4K views
Supul,Fakta TTS-Saluran irigasi dari sumber air Oe’Ki menuju areal persawahan dan perkebunan kelompok tani (poktan) Ora Et Labora di desa Supul kecamatan Kuatnana kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sementara dibuat menjadi saluran permanen oleh sejumlah anggota poktan.
Pekerjaan saluran tersebut, Kamis (22/2/2018) mendapat perhatian ketua Komisi V DPR RI, Farry Francis yang bersama bupati TTS, Ir. Paul Mella,M.Si dan sejumlah pejabat pemkab TTS meninjau pekerjaan tersebut.

Alfonsus Tafui ketua poktan kepada Farri Francis dan bupati Mella bersama rombongan mengatakan pekerjaan saluran tersebut menggunakan dana bantuan dari pemda TTS sebesar Rp 195 juta.

Ada tiga ruas saluran di titik berbeda yang dibangun masing-masing 120 meter, 100 meter dan 100 meter. Ketiga ruas saluran tersebut untuk mengairi areal kebun Jagung, sayuran dan padi milik 20 anggota kelompok yang ada dalam lahan seluas 10 hektare.
Sebelum ada saluran permanen kata Tafui, banyak air yang terbuang karena aliran tidak teratur ke lahan mereka.
Dengan saluran permanen diyakini Tafui dan isterinya, produksi sayuran dan padi mereka akan meningkat.
Selama ini kata isteri Tafui, sayuran mereka dibeli oleh pedagang dari kabupaten TTS, TTU, Belu bahkan negara Timor Leste.
Farry mengapresiasi semangat para petani untuk membangun irigasi guna mendapat hasil pertanian yang lebih baik.
Ia berjanji akan kembali meninjau areal persawahan dan perkebunan poktan tersebut pada kunjungan kerja berikutnya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *