Awasi Peredaran Produk Bahan Makanan di Kabupaten TTS

oleh -3.1K views
Kota SoE,fakta-tts.com – Rentetan kejadian dugaan keracunan makanan yang dialami ratusan warga dari beberapa desa dan kelurahan di kabupaten TTS dalam sepekan terakhir sudah patut mendapat perhatian serius Pemda TTS soal peredaran produk bahan makanan kemasan yang dijual bebas di lapangan.
Bisa saja ada bahan makanan yang sudah melewati batas waktu konsumsi namun masih dijual bebas di lapangan. Ini dapat merugikan warga yang membeli untuk dikonsumsi namun menguntungkan pedagang atau penjual.
Demikian dikatakan Nabopolasar Bansae, ketua Forum Peduli Rakyat (FPR) kabupaten TTS di redaksi fakta-tts.com, Selasa (15/10/2019).
“Sudah saatnya pemerintah awasi ketat Bahan Makanan kemasan yang dijual di TTS, karena bisa saja bahan makanan yang dijual sudah kadaluarsa namun masih dijual, masyarakat yang beli bisa saja tidak tahu kalau barang yang dibeli sudah tak layak konsumsi, dan ketika dikonsumsi fatal akibatnya masyarakat. Perlu ada operasi pasar untuk cek apakah bahan makanan kemasan yang masuk ke TTS untuk dijual itu layak konsumsi atau tidak,”kata Bansae.
Wakil ketua DPRD TTS, Eggy Usfunan juga sependapat. Ia mengatakan tindakan penanganan Pemda terhadap kasus-kasus keracunan yang terjadi patut diapresiasi karena cepat dan tepat.
Hanya saja kata Eggy, Pemda juga perlu melakukan tindakan antisipatif. Salah satunya dengan mengawasi ketat peredaran bahan makanan yang dijual bebas.
Sosialisasi pengolahan bahan makanan secara higienis bagi masyarakat juga kata Eggy bisa menjadi alternatif tindakan pencegahan oleh pemerintah. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *