Dana Pemda TTS Ada di BRI, Pinca BRI SoE: “Kan Bukan Pamali”

oleh -1.5K views
Kota SoE,Fakta TTS-Persoalan penyimpanan uang daerah di luar bank NTT kembali mencuat diawal tahun 2019 ini, menyusul adanya sejumlah permohonan pencairan dana Pemda Timor Tengah Selatan (TTS) yang sempat tak bisa dipenuhi bank NTT cabang SoE selaku bank daerah di akhir 2018 karena rekening kas Pemda di bank NTT yang minim. Persoalan itu baru terselesaikan setelah Pemda melalui dinas PKAD meminta BRI cabang SoE untuk mentransfer dana sebesar Rp 25 miliar ke rekening Pemda di bank NTT SoE.
Persoalan penyimpanan dana daerah di bank lain ini mendapat sorotan kalangan DPRD TTS. Ada sejumlah anggota DPRD berpendapat uang daerah harus tersimpan di bank yang punya kerjasama dengan Pemda TTS dalam hal penyimpanan uang daerah.
Ini mengingat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK tahun 2016 untuk pengelolaan keuangan Pemda Timor Tengah Selatan (TTS) tahun 2015 ditemukan adanya permasalahan terkait dengan pengelolaan rekening kas daerah oleh dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah selaku Bendahara Umum Daerah (BUD).
Dari hasil pemeriksaan tersebut ditahun  2015 itu BPK menemukan ada dana daerah yang disimpan di empat bank umum yakni Bank NTT, BRI, BNI dan Bank Mandiri. Hanya saja dari keempat bank tersebut di tahun 2015 itu hanya  Bank NTT saja yang memiliki perjanjian kerjasama dengan BUD Pemda  TTS, tiga bank lainnya tanpa perjanjian kerjasama. Oleh BPK penyimpanan uang daerah miliaran rupiah di tiga bank umum tersebut tanpa ada perjanjian kerjasama antara BUD dan Bank yang bersangkutan adalah suatu kesalahan karena menyalahi ketentuan pasal 18 dan pasal 19 Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2007 tentang Pengelolaan uang negara/daerah.
Atas kesalahan itu dalam LHP BPK telah merekomendasikan kepada bupati TTS waktu itu untuk memerintahkan BUD untuk membuat perjanjian kerjasama dengan bank yang menyimpan uang daerah dan menerapkan sistin Treasury Single Account (rekening tunggal) dalam pengelolaan rekening dana daerah.
Tahun 2018 kemarin tampaknya masih ada dana Pemda TTS yang tersimpan di BRI cabang SoE.
Pimpinan cabang (pinca) BRI SoE, Venny Amalo yang di konfirmasi, Rabu (16/1/2018) membenarkan itu.
Ia mengatakan dana Pemda TTS yang tersimpan di BRI cabang SoE hanya dana dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kalau dana dau DAK tidak ada di Bri. Yang ada hanya dana PAD,”jelas Venny lewat layanan WhatsApp.
Ia mengatakan tak masalah kalau dana Pemda disimpan di bank lain karena itu merupakan salah satu bentuk dukungan Pemda untuk keberadaan bank lain di daerah.
“Kalau disimpan di bank lain kan bukan pamali juga kan dan tidak menyalahi aturan. Itu juga merupakan bentuk dukungan Pemda terhadap keberadaan bank2 lain di daerah,”kata Venny.
Ia mengatakan ada kerjasama dengan Pemda TTS terkait penyimpanan dana tersebut.
“Ada nanti saya cek,”kata Venny menjawab pertanyaan apakah ada kerjasama BUD Pemda TTS dengan BRI cabang SoE terkait penyimpanan dana daerah tersebut. (Jmb)
_______________
Foto : Venny Amalo, pinca BRI SoE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *