Instalasi Te’on Jaya di Rumah Warga Tli’u Terbiarkan Tanpa Meter

oleh -2.1K views

Kota SoE,fakta-tts.com – Instalasi perangkat listrik di rumah 15 Kepala Keluarga (KK) di desa Tli’u kecamatan Amanuban timur kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) terbiarkan tanpa meteran listrik. Kondisi ini berlangsung sudah lebih dari setahun sejak terinstalasi Mei 2018 lalu.

Sejumlah warga kepada wartawan Sabtu (29/6/2019) mengatakan mereka sudah memberikan sejumlah uang dengan jumlah berfariasi diatas Rp 1.000.000 kepada oknum petugas dari perusahaan instalator CV.Te’on Jaya.
Pemberian uang tersebut dibuktikan dengan sejumlah kwitansi pembayaran kepada pihak Te’on jaya yang dipegang mereka.
Pihak Te’on Jaya yang dikonfirmasi melalui Yan Nenotek dan Rando Lioe membenarkan kalau instalasi perangkat listrik di sejumlah rumah warga di desa Tli’u  tersebut dilakukan oleh pihak Te’on jaya dan pihaknya sudah menerima uang dari warga untuk instalasi tersebut.
Namun soal pemasangan meteran kata Yan Nenotek bukan kewenangan Te’on jaya karena Te’on jaya hanya mengurus soal instalasi. Soal pemasangan meteran nanti dilakukan perusahaan lain yang juga mitra PLN.
Meski demikian sebagai perusahaan instalator pihaknya harus menyiapkan berkas syarat permohonan  meteran untuk diserahkan ke PLN.
Dikatakan  Yan semua syarat untuk permohonan meteran ke PLN sudah dimasukan  ke PLN pada 18 Mei 2018 lalu, namun hingga kini meter belum juga dikeluarkan PLN. “SLO dan syarat lain untuk permohonan meteran itu sudah kami masukan ke PLN tanggal 18 Mei 2018 lalu tapi sampai sekarang meteran belum ada,”katanya.
Mantan direktur PDAM TTS ini mengatakan sejumlah uang yang diterima dari sejumlah KK tersebut sebatas untuk pengadaan instalasi, tidak termasuk untuk biaya pembelian meter dari PLN. Itu karena biaya untuk meteran sudah dicicil lunas oleh belasan KK dimaksud kepada PLN karena ke-15 KK tersebut adalah pelanggan listrik sehen yang migrasi ke listrik meteran/jaringan. “Uang yang kami terima itu untuk instalasi saja tidak termasuk meteran karena mereka itu pelanggan sehen yang migrasi ke meteran jadi mereka tidak bayar meter lagi karena harga meter itu sudah dicicil ke PLN lewat bank NTT sejak mereka terdaftar sebagai pelanggan listrik sehen,”katanya.
Kepala PLN SoE, Hendra lewat layanan WhatsApp mengatakan pengadaan meteran listrik untuk desa Tli’u segera diproses. “Dalam bulan ini kami proses pak karena kita layani sesuai dengan urutan Daftar Tunggu dan proses datangnya material secara bertahap,”kata Hendra. (Pau/jmb)
____________
Foto: sejumlah kwitansi pembayaran instalasi listrik Te’on Jaya yang ditunjukan warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *