Destinasi Wisata Isu Faenman Victory Cottage di Fatumnasi Diresmikan

oleh -776 views
Fatumnasi, fakta-tts.com –Destinasi wisata Isu Faenman Victory Cottage and Resto Fatumnasi kabupaten TTS diresmikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Rabu (18/11/2020).
Gubernur mengatakan obyek wisata alam harus dapat mensejahterakan masyarakat Desa Fatumnasi Kecamatan Fatumnasi Kabupaten TTS. “Harus kelola destinasi tersebut untuk mengeluarkan masyarakat Fatumnasi dari kemiskinan oleh karena itu, Bupati TTS, Camat Fatumnasi dan Kepala Desa Fatumnasi harus ikut bertanggung jawab dalam menjaga destinasi tersebut, sebab Pemerintah Provinsi NTT akan terus mendorong berbagai pembangunan termasuk jalan untuk memudahkan pengunjung atau wisatawan ke destinasi tersebut,” katanya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Wayan Darmawa destinasi Isu Faenman Victory Cottage and Resto Fatumnasi sangat luar biasa sehingga harus dijaga dengan baik sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Kadis Wayan juga meminta kepada Kepala Desa Fatumnasi agar memfungsikan lahan kosong yang ada. Ada berbagai jenis tanaman yang perlu ditanam untuk mendukung destinasi pariwisata Fatumnasi. Agar destinasi tersebut menjadi destinasi wisata yang hebat dan luar biasa.
Sebab, Pemprov NTT akan terus memberikan dukungan, secara bertahap sesuai kebijakan 5 A yakni akomodasi yang sudah ditingkatkan yang sebelum ada menjadi ada, amenitas seperti pembangunan lopo-lopo dan resto,
aksesibilitas yang mana jalan sudah dikerjakan yang akan menjadi kekuatan bagi wisatawan kunjungi destinasi Fatumnasi.
Wayan mengatakan kekuatan potensi lokal harus kembangkan, pembangunan cottage dan resto tidak mengambil atau menggunakan bahan moderen, tetapi harus menggunakan kearifan lokal untuk lopo. “saya berharap dukungan amenitas yang dibangun toilet didorong menggunakan bahan lokal.
Kita kurangi bahan-bahan dari luar yang tidak ada di daerah ini artinya kita lebih banyak gunakan bahan atau kearifan lokal di Fatumnasi,”Ujarnya.
Oleh karena itu, Wayan mengatakan pengembangan amenitas harus didukung juga oleh Bupati TTS dan juga harus membangun jejaring kerja yang lebih baik untuk manfaatkan. Momentum yang sangat baik ini pemerintah terus mendorong pariwisata utnuk peningkatan ekonomi yang didukung Presiden RI Joko Widodo tetapi harus kerja berjejaring untuk menambah nilai tambah.
Dengan kehadiran Destinasi yang luar biasa itu  maka kata Wayan, Fatumnasi harus keluar dari kemiskinan. Dinas Pariwisata kata dia harus bekerja sama dengan pihak lain untuk membuat Fatumnasi menjadi lebih dikenal sebagai destinasi unggulan dan menjadi contoh bagi destinasi lain untuk mewujudkan NTT Bangkit dan NTT sejahtera.
Bupati TTS, Egusem Piether Tahun mengatakan pihaknya akan menggunakan berbagai kegiatan pemerintahan seperti pelantikan pejabat, Musrenbang dan kegiatan pemerintahan lainnya.
“Ada kegiatan pemerintahan kami akan sewa destinasi tersebut, ini Pemprov sudah sangat membantu kami di TTS dengan destinasi wisata Fatumnasi,”Ujanrnya.
Bupati juga berterima kasih kepada Gubernur NTT bukan saja bangun destinasi tetapi juga akses jalan yang sudah semakin baik yang mana sebelumnya membutuhkan waktu yang lama, namun oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat membangun jalan sehingga waktu yang ditempuh dari SoE ke Fatumnasi hanya 45 menit.
Bupati Eppy Tahun juga berjanji akan terus berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa Fatumnasi untuk menjaga dan merawat destinasi yang baru diresmikan oleh Gubernur. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *