Ingin Bekerja ke Luar Negeri?, Disnakertrans Siap Fasilitasi, Syaratnya Cukup Bawa Ini

oleh -3.3K views

Kota SoE, fakta-tts.com – Bagi warga yang ingin bekerja di Luar Negeri (LN) ini ada cara mudah yang disiapkan pemerintah kabupaten (pemkab) Timor Tengah Selatan (TTS). Calon tenaga kerja bisa langsung datang ke dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten TTS dan difasilitasi pemberangkatan.

Ada sejumlah dokumen yang menjadi syarat administrasi yang perlu dilengkapi calon tenaga kerja namun tidak semua harus dibawa calon TKI ke dinas. Calon TKI cukup membawa KTP dan KK ke dinas dan syarat lainnya akan difasilitasi penerbitannya oleh pihak Disnakertrans.
“Kalau mau jadi TKI ke luar negeri, kita bisa bantu. Cukup bawa KTP dan KK kesini nanti syarat lain kita urus. Kalau KTP belum ada kita juga bisa bantu berkoordinasi dengan dinas kependudukan,”demikian Anton Lakapu, Kepala bidang penempatan tenaga kerja Disnakertrans kabupaten TTS, Jumat (31/1/2020) di kantornya.
Dikatakan setelah syarat administrasinya lengkap calon TKI yang bersangkutan akan diregistrasi masuk dalam pusat data Calon TKI sehingga pemberangkatan yang bersangkutan terjamin oleh negara. Tidak hanya saat pemberangkatan namun kata Anton selama yang bersangkutan bekerja di luar negeri akan terawasi oleh negara. “Kalau berangkat resmi yang diketahui oleh kita (pemerintah) sampai jumlah upah dan pembayarannya juga diawasi sehingga majikan di sana (luar negeri) tidak bisa macam-macam. Tapi kalau berangkat tanpa lewat pemerintah jadi apa-apa di luar negeri itu tanggungjawab sendiri,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *