Kurangi Pengangguran Di TTS, Disnakertrans Targetkan Lagi 300 Wirausaha Baru di Tahun 2020

oleh -3.1K views
Kota SoE, fakta-tts.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Selatan (TTS).provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah dalam upaya mengikis angka pengangguran yang masih tinggi di daerah itu. Menciptaan Wirausaha Mandiri adalah program yang tengah digalakan pemkab TTS melalui dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) yang selainnuntuk mengurangi angka pengangguran juga untuk mengurangi minat warga berangkat mencari kerja di luar negeri.
Kepala bidang (Kabid) pelatihan dan penempatan tenaga kerja dinas tenaga kerja dan transmigrasi, Antonius Lakapu kepada fakta-tts.com , Selasa (21/1/2020) di ruang kerjanya mengatakan program tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. Dan hingga 2019 kemarin sudah lebih dari 200 generasi muda di TTS yang direkrut dan dilatih keterampilannya untuk menjadi wirausaha yang baru dan mandiri. “Tahun ini kita rencanakan rekrut lagi 300 pemuda pemudi untuk dikasih pelatihan keterampilan supaya bisa berusaha sendiri atau jadi wirausaha baru di wilayah masing-masing,”kata Anton Lakapu.
Dijelaskan ada beberapa bidang usaha yang disiapkan untuk digeluti para calon wirausaha diantaranya menjahit, meubeler, perbengkelan dan lainnya.
Setelah direkrut para calon wirausaha akan diseleksi untuk menentukan bidang usaha yang cocok atau sesuai dengan kondisi usaha di wilayahnya. Setelah direkrut calon wirausaha dilatih keterampilannya selama 10 hari di SoE dan sebulan di Kupang.
“Untuk masuk sebagai peserta Pelatihan bisa mendaftar ke dinas. Nanti kita seleksi dan untuk pelatihan tingkat dasar di SoE selama 10 hari kemudian dilanjutkan ke BLK Kupang selama 30 hari. Itu Biaya ditanggung pemerintah,”katanya.
Usai pelatihan kata Anton, para calon wirausaha akan dikasih bantuan alat permodalan untuk berusaha.(jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *