Pemda TTS Kehilangan PAD Dari Obyek Wisata Oehala

oleh -919 views
Kota SoE, fakta-tts.com – Pemerintah daerah (Pemda) Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kehilangan pendapatan dari obyek wisata air terjun Oehala desa OeEkam kecamatan Molo tengah. Sudah lebih dari satu tahun retribusi masuk pengunjung ke obyek wisata tersebut tak lagi ditarik dinas pariwisata kabupaten TTS. Kabarnya dalam setahun Pemda dapat meraup Rp 30-an juta dari karcis masuk Obyek wisata Oehala.
Informasi tersebut diakui kepala dinas pariwisata kabupaten TTS, Robby Selan dan anggota DPRD TTS, Imanuel Olin yang dikonfirmasi soal itu Selasa (18/5/2021) di kantor DPRD TTS.
Imanuel Olin mengatakan sudah dua tahun terakhir Pemda TTS tidak lagi mengelola obyek wisata air terjun Oehala. Padahal, Pemda TTS sudah membangun sejumlah fasilitas penunjang di obyek wisata tersebut. Tak hanya itu, selama ini obyek wisata air terjun Oehala menjadi salah satu sumber PAD bagi pemerintah. “Hal ini tentunya menjadi kerugian besar bagi pemerintah. Kita berharap pemda TTS melalui Dinas Pariwisata mampu menyelesaikan masalah Sosial dengan pemilik lahan air terjun Oehala sehingga obyek wisata tersebut bisa kembali dikelola pemerintah,”kata Olin.
Kadus Robby Selan mengakui kalau sudah sekitar dua tahun obyek wisata tersebut tidak dikelola lagi oleh pemerintah daerah kabupaten TTS.
Hal tersebut kata Robby Selan bukan karena status lahan namun ada miskomunikasi antara pihak dinas pariwisata semasa kadis dijabat Tian Tallo dengan pemilik lahan yang ditugaskan menagih retribusi masuk ke obyek wisata tersebut.
“Kita akan coba kembali dekati pemilik lahan guna menyelesaikan miskomunikasi tersebut. Kita berharap masalah tersebut bisa selesai secepatnya sehingga pengelolaan obyek wisata air terjun Oehala bisa kembali kita kelola,”katanya. (Jmb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *